Libur Lebaran 2019, Astana Gede Kawali Ciamis Sepi Pengunjung

Astana Gede Kawali Ciamis
Objek Wisata Astana Gede Kawali Ciamis sepi pengunjung saat libur lebaran 2019. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah wisata di berbagai daerah dipadati wisatawan yang memanfaatkan libur lebaran 2019, namun Obyek Wisata Astana Gede di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis justru sepi pengunjung. Hal ini terlihat dari masih banyaknya tumpukan tiket yang belum terjual, Sabtu (8/6/2019).

Salah satu petugas yang berjaga di Astana Gede Kawali, Hermin, mengatakan sepinya pengunjung diduga karena wisatawan lebih memilih obyek wisata lain yang menyediakan wahana bermain anak-anak di Kabupaten Ciamis.

“Banyaknya obyek wisata baru di Kabupaten Ciamis ini berdampak pada minat wisatawan yang berkunjung ke Astana Gede. Terlebih obyek wisata baru banyak yang dilengkapi  dengan fasilitas bermain untuk anak-anak, sementara Astana Gede hanya sebagai obyek wisata religi,” ujar Hermin kepada HR Online, Sabtu (8/6/2019).

Lebih lanjut Hermin mengatakan sebelum kehadiran obyek wisata baru di Kabupaten Ciamis, pengunjung Situs Astana Gede tidak pernah sepi. Bahkan pada hari libur lebaran lonjakan pengunjung biasanya naik secara signifikan.

“Beda dulu kalau libur lebaran, pengunjung tak pernah sepi. Namun, sekarang ini tidak bisa diandalkan, bahkan menurun drastis dari tahun sebelumnya,” katanya.

Tiket masuk Astana Gede Kawali masih menumpuk akibat sepinya pengunjung. Foto: Edji/HR

Sementara Lia Apriliani, petugas karcis yang bertugas di Astana Gede Kawali Ciamis, mengatakan, terhitung dari H+1 sampai H+4 lebaran 2019,  dari 50 blok tiket masuk yang disediakan, yang laku terjual baru 4 blok saja atau sekitar 400 karcis .

“Baru 400 karcis yang terjual, sehingga karcis  masih menumpuk karena banyak yang tidak terjual. Padahal sebelumnya, setiap libur lebaran tidak pernah sepi seperti lebaran tahun ini,” katanya.

Sama seperti halnya Hermin, Lia juga menduga sepinya pengunjung akibat Astana Gede Kawali kalah pamor dengan obyek-obyek wisata baru yang ada di Kabupaten Ciamis, terutama obyek wisata yang dilengkapi dengan berbagai wahana permainan untuk anak-anak.

“Pengunjung memilih wisata baru yang banyak permainannya dibanding wisata ke Astana Gede, karena itu jadi sepi dan karcis masih menumpuk,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA