Cara Menurunkan Berat Badan yang Cepat dan Aman

turunkan berat badan
Cara Menurunkan Berat Badan yang Cepat dan Aman. Photo : Istimewa.

Berita Gaya Hidup (harapanrakyat.com),- Ada cara menurunkan berat badan yang efektif dan dapat kamu lakukan dengan mudah. Cukup mengonsumsi secara rutin minuman alami yang dapat membuat proses penurunan berat badan lebih cepat dari biasanya.

Memang sebagian orang mengalami kesulitan ketika ingin menurunkan bobot tubuhnya yang terlalu berlebih. Berbagai cara menurunkan berat badan dilakukan, mulai dari diet, melakukan olahraga keras, hingga mengonsumsi pil pelangsing.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Minggu (16/06/2019), minuman alami yang dapat membantu proses penurunan berat badan lebih cepat dari biasanya adalah teh mawar. Minuman alami ini diketahui memiliki sederet manfaat bagi kesehatan.

Selain membantu peroses penurunan berat badan, teh mawar memiliki sifat antioksidan yang juga bisa membantu proses pencernaan. Bahkan, teh mawar yang sangat harum itu mampu menghilangkan stres.

Karena tidak mengandung kafein, sehingga teh mawar lebih sehat dibanding jenis teh lainnya. Dengan minum teh bunga tersebut akan membuat perut terasa lebih kenyang dan sehat.

Selain itu, teh mawar juga dapat melancarkan sistem penceraan yang sangat penting untuk menurunkan berat badan. Konsumsi teh bunga mawar ini satu atau dua cangkir rutin setiap hari sangat bermanfaat untuk membantu penurunan berat badan.

Dengan mengonsumsinya secara teratur bermanfaat pula untuk mencegah penyakit, serta membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena, kandungan vitamin C di dalamnya cukup tinggi.

Manfaat lainnya jika kita rutin mengonsumsi teh mawar yaitu untuk membuang racun dan mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih.

Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif

Memiliki tubuh ideal mungkin menjadi impian setiap orang, terutama kaum wanita. Terlebih perumpamaan perempuan yang cantik itu identik dengan tubuh yang ramping dan tinggi semampai.

Tetapi, dalam menentukan berat badan yang ideal itu tidak ada penentu yang pasti, sebab masing-masing orang memiliki ukuran ideal yang berbeda. Namun, berat badan berlebih banyak terjadi di kalangan wanita. Terutama mereka yang sudah melahirkan anak.

Memiliki berat bedan berlebih selain menganggu penampilan, juga bisa mengakibatkan rentan terhadap munculnya berbagai penyakit, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, jantung, dan masih banyak lagi jenis penyakit kronis lainnya.

Jika kamu menginginkan berat badan turun drastis secara aman, berikut ini beberapa cara menurunkan berat badan yang efektif dan aman;

Rutin Minum Air Lemon

Biasakan awali hari dengan mengonsumsi air lemon. Kandungan potasium dalam buah lemon bermanfaat untuk meningkatkan massa otot. Dengan rutin mengonsumsi air lemon maka lemak jenuh dalam tubuh akan lebih mudah terbakar.

Adapun cara paling praktis mengonsumsinya adalah dengan memotong buah lemon menjadi dua bagian, kemudian peras ke dalam air putih dingin.

Berolahraga

Jika ingin memiliki tubuh yang lebih seksi dan daya tahan lebih fit, berhentilah beralasan tidak ada waktu untuk berolahraga. Karena sekarang sudah banyak video tutorial di YouTube yang mengajarkan olahraga dengan mudah.

Melalui tutorial tersebut kamu tak hanya dapat mempelajari cara mudah mengecilkan perut, tapi juga berbagai gerakan olahraga agar berat badan turun drastis.

Rutin Konsumsi Buah Pisang

Mengonsumsi pisang di pagi hari bisa membuat kamu merasa kenyang, dan metabolisme pencernaan tubuh juga menjadi lebih lancar. Selain itu, buah pisang yang sudah matang bisa kamu manfaatkan sebagai masker wajah untuk kulit berminyak.

Jangan Lupa Sarapan

Cara menurunkan berat badan berikutnya yaitu tidak melewatkan waktu sarapan. Selama ini banyak orang yang salah dalam melakukan diet agar berat badan turun drastis. Bukannya mengganti menu makanan, mereka justru malah melewatkan sarapan di pagi hari.

Padahal, sarapan paling penting untuk menjalani aktivitas. Kalau kamu melewatkan sarapan maka tubuhmu tidak akan mendapat nergy. Sehingga, kamu akan merasa lebih lapar saat siang hari dan mengonsumsi makanan dua kali lebih banyak.

Kurangi Asupan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber lemak jenuh yang paling utama. Jadi, dengan mengurangi asupan karbohidrat tentunya akan memberikan perubahan yang signifikan pada berat badan.

Ganti asupan karbohidrat dengan perbanyak mengonsumsi sayuran bergizi tinggi agar nergy kamu tidak cepat habis. Kalau masih terasa lapar, kamu dapat menggantinya dengan mengonsumsi cemilan sehat di bawah 150 kalori atau dengan minum jus buah.

Biasakan Minum Air Putih

Kebiasaan minum air putih sebetulnya sangat esensial bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Untuk menjaga hidrasi tubuh, wanita membutuhkan sekitar 2,2 liter air putih setiap harinya. Jika kamu tidak menghabiskan satu botol air dalam waktu 3 jam, biasanya warna urin terlihat kuning, dan itu adalah pertanda yang buruk.

Kurangi Konsumsi Gula

Mengurangi asupan gula menjadi salah satu cara menurunkan berat badan secara sehat. Buat pencinta teh atau kopi, jangan khawatir. Kamu tidak harus menghentikan kebiasaan minum teh dan kopi, tapi kamu hanya perlu mengurangi porsi gula yang digunakan.

Jika kamu biasa minum teh atau kopi dengan dua sendok gula, sebaikanya dikurangi atau bahkan jangan memakai gula sama sekali. Kamu bisa menggantinya dengan madu alami yang lebih sehat.

Jangan Makan Lebih dari Jam 7 Malam

Jika kamu menginginkan berat badan turun drastis secara aman, berhentilah kebiasaan makan di atas jam 7 malam. Karena, apapun yang kamu makan di atas jam 7 malam akan menjadi lemak bagi tubuh, apalagi kalau kamu tidak banyak beraktivitas setelahnya.

Untuk itu, dianjurkan setelah jam 7 malam kamu tidak lagi mengonsumsi makanan berat apapun, kecuali buah-buahan atau sayur-sayuran.

Konsumsi Makanan yang Tepat

Seringkali kita mengurangi asupan kalori dan protein, bukannya mengonsumsi makanan yang tepat. Padahal, asupan kalori tetap dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas, karena tubuh membutuhkan energi untuk bergerak.

Kalori yang bermanfaat bagi tubuh bisa diperoleh dari makanan yang sehat. Supaya berat badan turun drastis, hindari konsumi makanan yang bisa membuat berat badan cepat naik.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat vital untuk kesehatan tubuh, karena jika waktu istirahat kurang maka tubuh pun akan lebih cepat merasa lapar. Jadi, usahakan tidur lebih awal selama satu minggu.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan yang efektif, dan tentunya aman bagi kesehatan tubuhmu. Selamat mencoba ya! (Eva/R3/HR-Online)