Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami, Patut Dicoba

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami, Patut Dicoba. Photo : Istimewa.

Berita Gaya Hidup (harapanrakyat.com),- Ada berbagai cara mengusir nyamuk dengan bahan yang bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami sebagai alternatif. Cara ini tentu sangat mudah dan aman bagi kesehatan manusia, dibanding menggunakan obat nyamuk bakar atau semprot.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Sabtu (15/06/2019), berikut ini beberapa cara mengusir nyamuk dengan bahan alami yang dapat kamu lakukan dengan mudah dan aman bagi kesehatan;

Kulit Jeruk Kering

Kulit jeruk untuk mengusir nyamuk. Photo : Istimewa.

Siapa sangka kulit jeruk yang sudah kering ternyata bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Kandungan senyawa limonen yang terdapat di dalam kulit jeruk tidak disukai oleh nyamuk, sebab itu akan merusak zat pelindung pernafasan si nyamuk.

Dengan kelemahannya itulah kita bisa memanfaatkan kulit jeruk dengan cara menyimpannya di tempat-tempat yang rawan nyamuk, seperti di balik pintu, di kolong tempat tidur, atau disimpan di tempat-tempat yang biasanya banyak nyamuk.

Manfaatkan Daun Serai

Daun serai untuk mengusir nyamuk. Photo : Istimewa.

Cara mengusir nyamuk dengan bahan alami berikutnya yaitu dengan memanfaatkan daun serai. Tumbuhan yang termasuk dalam jenis rerumputan ini biasa digunakan sebagai bumbu dapur yang berfungsi untuk memberikan aroma pada masakan.

Selain sebagai pengharum masakan, ternyata daun serai juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Karena, kandungan sitronela dan atsiri di dalam daun serai mampu mengusir si nyamuk yang kerap bikin kita jengkel.

Caranya, potong batang serai lalu letakan dalam wadah terbuka. Selain berfungsi untuk mengusir nyamuk, juga bisa menjadi tambahan hiasan di meja ruang tamu atau di kamar.

Memanfaatkan Minyak Kayu Putih

Dengan menyemprotkan minyak kayu putih di dalam rumah maka nyamuk pun dijamin enggak bakalan masuk, sebab nyamuk tak suka aroma minyak kayu putih. Jika kamu ingin lebih irit bisa dicampur dengan air, yang penting aroma minyak kayu putih tetap tercium di dalam rumah.

Manfaatkan Daun Kemangi

Manfaatkan daun kemangi untuk mengusir nyamuk. Caranya, oleskan daun kemangi di tangan, kaki, dan di bagian-bagian yang terbuka. Dijamin nyamuk pun tidak akan berani mendekati kamu.

Manfaatkan Bawang Putih

Aroma bawang putih yang menyengat bisa menjadi cara laternatif untuk mengusir nyamuk. Caranya sangat mudah, kamu cukup memakannya biar tubuhmu yang bekerja secara otomatis. Karena, nyamuk tidak suka dengan aroma bawang yang melekat di tubuhmu.

Manfaatkan Bubuk Kopi

Bubuk kopi. Photo : Istimewa.

Kalau kamu jeli mencari informasi, kopi juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk membasmi jentik-jentik nyamuk di sarangnya.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menaburkan bubuk kopi di tempat-tempat yang sering menjadi sarang nyamuk. Seperti kaleng bekas yang digenangi air, karena ini menjadi tempat terbaik untuk nyamuk bertelur.

Manfaatkan Minyak Lavender dan Ragi

Cara mengusir nyamuk dengan bahan alami yang selanjutnya adalah dengan minyak lavender dan juga ragi. Karena, aroma lavender sangat tidak disukai oleh nyamuk. Aroma bunga lavender biasanya dipakai sebagai aroma terapi.

Untuk mengusir nyamuk, cara yang harus kamu lakukan yaitu cukup mencampurkan minyak lavender dengan ragi, kemudian larutkan dengan air. Setelah itu, letakkan di tempat atau area yang sering didatangi nyamuk.

Menanam Tanaman yang Tidak Disukai Nyamuk

Tanaman kecombrang. Photo : Istimewa.

Selain menggunakan bahan-bahan alami, ada pula cara lainnya untuk mengusir nyamuk yang membandel. Namun, cara ini tentunya ramah lingkungan, yaitu dengan memanam tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk, seperti tanaman rosemary, akar wangi, tanaman suren, dan tanaman kecombrang, serta masih banyak lagi jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan.

Mengusir nyamuk dengan cara-cara tersebut di atas setidaknya bisa membantu kamu mencari referensi untuk mengusir nyamuk. Sedangkan, kelebihan lainnya yaitu dengan menanam tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk.

Untuk itu, sebelum kamu terlanjur sibuk mengusir datangnya nyamuk, sebaiknya kita mencegah terlebih dahulu dengan cara menanam tumbuhan yang tidak disukai oleh masyarakat.

Kehadiran nyamuk erat kaitannya dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Menutup penampungan air, mengubur sampah-sampah, dan menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk merupakan salah satu cara mengusir nyamuk yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Jika lingkungan kita bersih, asri, serta mendapatkan sinar matahari yang cukup, maka dengan sendirinya nyamuk tidak akan mampir, atau bahkan tinggal di dekat kita. Karena, musuh utama nyamuk adalah kebersihan. (Eva/R3/HR-Online)