Bumdes Sari Mandiri Dewasari Jembatani Artis Lokal Ciamis Go Internasional

artis lokal Ciamis
Fauzi Syahid, salah satu artis Ciamis yang berhasil go internasional. Foto: Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sari Mandiri Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menjadi satu-satunya Bumdes di Ciamis yang bergerak di bidang studio rekaman dan management artis. Bumdes Sari Mandiri berusaha menjembatani artis lokal Ciamis untuk berkiprah secara nasional maupun internasional.

Sejak tahun 2017, Holding Bumdes Sari Mandiri Dewasari bergabung dengan Mustika Management Ciamis (MMC). MMC studio adalah salah satu perusahaan studio rekaman milik warga desa Dewasari yang telah berdiri sejak 2007. 

“Kini Bumdes Sari Mandiri Dewasari ikut bergabung dalam upaya mengoptimalkan potensi artis lokal Ciamis agar bisa go nasional maupun internasional,” ujar Direktur Bumdes Sari Mandiri Dewasari Asep Devi Tristiana. 

Kata Asep, MMC studio telah banyak menjembatani artis atau penyanyi lokal untuk terjun ke industri musik profesional baik nasional maupun internasional. 

Diantaranya artis yang sudah go internasional adalah Fauzi Syahid. Fauzi telah menandatangani kontrak dengan perusahaan label asal Kuala Lumpur, Malaysia yaitu Insitech Musicland Malaysia.

“Sekarang sedang dilakukan proses produksi rekaman lagu dan video klip,” ucapnya.

Menurut Asep Devi, Bumdes juga harus melirik potensi bisnis atau ekonomi kreatif, karena di ekonomi kreatif putaran uang sebetulnya sangat besar.

“Banyak peluang ekonomi kreatif di masyarakat, Bumdes harus hadir untuk saling mendukung demi kemajuan ekonomi masyarakat,” ucap Asep Devi yang juga pencipta lagu Mars Forum Bumdes Kabupaten Ciamis.

Bumdes di Ciamis Banyak Kembangkan Wisata

Bumdes di Kabupaten Ciamis sudah banyak yang berkembang, diantaranya ada yang mengembangkan destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Baca Juga: Dikelola Bumdes, 2 Destinasi Wisata Ciamis Ini Banyak Dikunjungi Pengunjung

Salah satunya adalah Wisata Cadas Ngampar yang dikelola oleh Bumdes Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya, dan Wisata Mandiri Sayang Kaak yang dikelola Bumdes Hanjuang Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing.

Pantauan HR Online di lapangan pada Minggu (9/06/2019), lokasi wisata Cadas ngampar yang berada di bantaran Sungai Cileeur nampak sesak dipadati pengunjung. Mereka datang bersama keluarga untuk makan bersama “botram”. Terlihat juga masyarakat yang sengaja masak liweut di pinggir sungai, pun anak anak asyik bermain air di sungai. Adapun harga tiket masuk Cadas Ngampar terbilang sangat murah, yakni Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 1.500 untuk anak anak.

Selain Cadas Ngampar, destinasi wisata Ciamis lainnya yang dipadati pengunjung adalah Mandiri Sayang Kaak di Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing. 

Mandiri Sayang Kaak dikelola oleh Bumdes Hanjuang Desa Handapherang ini juga nampak ramai dari kunjungan pada libur lebaran kemarin. (Jujang/R7/HR Online)