Cara Memilih Kartu SIM Internet Cepat Sesuai Lokasi

Cara Memilih Kartu SIM Internet
Test kecepatan internet di aplikasi speedtest. Foto: Screenshoot

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Sebagian orang banyak yang mencari cara memilih kartu SIM internet yang sesuai lokasi. Pasalnya, terkadang ketika membeli hanya coba-coba saja yang didapat justru kekecewaan lantaran kecepatan dan akses internetnya tidak optimal.

Agar Anda tidak menyesal ketika membeli kartu perdana, tentu Anda harus melihat terlebih dahulu mayoritas masyarakat di daerah Anda menggunakan kartu sim yang digunakan. Pasalnya, tidak semua provider jaringannya bisa menjangkau ke daerah tertentu.

Sebagai contoh, di daerah Anda mayoritas masyarakat menggunakan Kartu Telkomsel, dengan begitu mengindikasikan jaringan seluler dan internetnya di daerah Anda yang paling baik adalah Telkomsel. Sementara untuk mengetahui provider yang lain, Anda harus mencobanya dengan membeli Kartu SIM dari yang lain. Agar Anda tidak perlu membelinya dan bisa mengetehui kualitas internet di suatu daerah, ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda coba.

Langkah pertama Anda menginstal aplikasi speedtest.net besutan Ookla di Google Play Store atau di App Store.

Kedua, Anda akan dihadapkan pada menu Mulai atau Start di aplikasi  tersebut. Fungsi ini untuk melihat seberapa kecepatan download dan upload internet di smartphone Anda. Bila Anda menggunakan Wi-Fi, ini juga bermanfaat mengecek kecepatan Wi-Fi yang ada. Silakan cek saja secara berkala untuk mengetahui kecepatan jaringan yang Anda gunakan.

Cara Memilih Kartu SIM Internet
Tampilan aplikasi speedtest dismartphone. Foto: Screenshoot

Ketiga, setelah mengetahui hasil dari kecepatan internet yang anda gunakan, dalam aplikasi tersebut juga tersedia cakupan jaringan sesuai wilayah. Fitur ini bermanfaat untuk mengetahui kualitas sinyal internet sesuai daerah dan berdasarkan provider. Sebagai contoh di Kota Banjar, sebagian besar didominasi oleh Telkomsel. Ketika peta tersebut Anda perbesar, maka akan semakin jelas daerah di Banjar mana saja yang jaringan Telkomselnya kurang bagus.

Cara Memilih Kartu SIM Internet
Tampilan aplikasi speedtest untuk fitur cakupan jaringan internet sesuai lokasi. Foto: Screenshoot.

Melalui cara memilih kartu SIM internet yang sesuai dengan lokasi tersebut, akan memudahkan Anda melihat kondisi jaringan internet hanya dengan genggaman tangan tanpa harus mencoba-coba terlebih dahulu dengan membeli kartu SIM baru. (Muhafid/R6/HR-Online)