Cara Mengembalikan Foto Whatsapp yang Terhapus

Mengembalikan Foto WhatsApp
Aplikasi WhatsApp di smartphone. Foto: Muhafid/HR

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Hampir semua orang saat ini memanfaatkan aplikasi pesan instan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tak hanya lebih mudah, fitur yang ditawarkannya pun lebih banyak. Salah satunya mengembalikan foto WhatsApp yang sudah terhapus.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang tengah naik daun. Karena fitur dan kemudahannya untuk berkomunikasi, WA juga memiliki kelebihan untuk mencadangkan berbagai multimedia, seperti foto, video maupun teks. Di sisi lain masih banyak pengguna yang belum mengetahui secara detail semua layanan yang ada di dalamnya, termasuk langkah antisipasi ketika riwayat chat dengan pengguna lain ketika sudah dihapus.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pengguna, salah satunya dengan meminta foto yang dikirimkan orang lain kepada kita, apakah dia memiliki salinan chat berupa teks atau foto serta video atau tidak yang sudah hilang pada smartphone Anda. Biasanya, ketika Anda menghapus chat, riwayat pada pengguna lain masih ada, terkecuali yang sudah dikirimkan dihapus kembali dalam durasi 7 menit sejak dikirim tidak akan muncul.

Tentu saja langkah tersebut cukup merepotkan, karena teman Anda harus menyisir semua foto serta multimedia yang masuk ke WhatsApp-nya. Jika ini tidak memungkinkan, Anda bisa mencoba langkah lain untuk mengembalikan foto WhatsApp melalui fitur restore atau pencadangan pesan.

Sebelum melakukan pengembalian data, Anda harus melakukan pencadangan pesan terlebih dahulu sebagai langkah antisipasi ketika riwayat chat hilang. Langkahnya Anda cukup memilih menu Setting, kemudian Chat, lalu Cadangkan Chat. Pada tampilan ini, Anda bisa melihat kapan riwayat pesan Anda terakhir dicadangkan dan lokasinya di mana serta ukurannya.

Apabila Anda sudah yakin untuk mencadangkan pesan, Anda bisa langsung memilih “Cadangkan”. Jika Anda mencadangkan pada Google Drive, di bawahnya akan ada pilihan ketika di cadangkan, bisa dilakukan tiap hari, bulan atau tahun yang akan berjalan secara otomatis. Agar tidak menyedot data internet, di bawahnya pun terdapat opsi menggunakan Wi-Fi atau menggunakan data internet ponsel. Selanjutnya, pilihan lain adalah multimedia jenis Video akan disertakan (disimpan) atau tidak, itu disesuaikan dengan pilihan Anda.

mencadangkan pesan

Kelebihan dari fitur ini, setelah Anda selesai melakukan pencadangan, maka data chat Anda akan aman. Bahkan, ketika selesai pencadangan Anda langsung menghapus aplikasi WhatsApp, data tersebut akan kembali seperti terakhir Anda melakukan pencadangan.

Selain langkah tersebut, memang cukup banyak tawaran aplikasi lain yang menjanjikan bisa mengembalikan foto WhatsApp, namun kedengarannya kurang baik dan tidak direkomendasikan. Apalagi jika aplikasi tersebut memerlukan akses root, tentu Anda akan semakin repot, terlebih jika harus membayar agar datanya benar-benar kembali. Karena itu, cadangkan pesan Anda sebagai antisipasi sebelum hilang. (Muhafid/R6/HR-Online)