Cara Mengobati Wasir Secara Alami, Dijamin Ampuh dan Mujarab

Cara Mengobati Wasir Secara Alami. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup (harapanrakyat.com),- Cara mengobati wasir secara alami sangat diperlukan untuk yang takut akan operasi. Meski bukan tergolong penyakit yang mematikan, akan tetapi wasir atau ambeien yang dibiarkan terus tanpa diobati dampaknya akan fatal, yaitu mengakibatkan terganggunya sistem saraf pada tubuh .

Sebelum mengulas cara mengobati wasir secara alami, terlebih dulu mengupas apa itu ambeien.

Merangkum dari berbagai sumber, ambeien merupakan penyakit yang membesarnya/membengkaknya pembuluh darah di wilayah anal, yang dikarenakan terhalangnya suplai darah ke anus.

Hal itu bisa diakibatkan oleh pola hidup seperti kurangnya gerak atau duduk dalam jangka waktu yang lama dengan posisi yang tidak berubah, kemudian kurangnya asupan air putih atau dapat pula karena kurangnya memakan makanan yang ada seratnya.  

Faktor lainnya antara lain saat buang air besar (BAB) mengejannya sangat keras, kelebihan berat badan, sering makan yang pedas dan lainnya.

Adapun gejala wasir atau ambeien antara lain sakit atau keluar lendir bahkan darah saat BAB, ada benjolan di dubur, terasa panas serta gatal di dubur. Jika sampai terjadinya keluar darah berarti kemungkinan besar ambeien tersebut sudah parah.

Biasanya orang yang terkena ambeien cara mengatasinya dengan melakukan operasi. Seperti mengangkat benjolan di dubur. Namun, apabila ambeien masih dalam tahap gejala dapat diatasi dengan menggunakan ramuan tradisional atau alami.

Nah, berikut ini cara mengobati wasir dengan alami atau ala tradisional, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Bawang putih

Bahan yang satu ini banyak ditemukan di dapur. Selain itu khasiatnya sudah tidak bisa diragukan lagi, terutama buat kesehatan.

Kandungan kalsium, zat besi, vitamin C dan lainnya itulah yang menjadikan bawang putih sebagai ‘obat’ wasir. Allicin yang ada di bawang putih sangat bermanfaat untuk anti-banteri serta antioksidan.

Untuk membuat bawang putih menjadi ramuan herbal mengatasi wasir tidak lah sulit. Cukup sediakan dua buah/siung, kemudian ditumbuk sampai lembut. Lalu mengoleskannya ke bagian benjolan yaitu sekitar dubur.

Sementara guna membasmi bakteri pada tubuh, bawang putih tersebut dibuat jus dan diminum saban hari.

# Manggis

Cara alami lainnya yaitu dengan memanfaatkan kulit manggis. Alasannya adalah di dalam kulit manggis terdapat zat anti racun atau oksidan serta xanthone yang ampuh untuk menyembuhkan diabetes, kanker, serta menghentikan proses radang.  

Untuk membuat herbal dari bahan ini, sebelumnya mengeringkan terlebih dulu kulit manggis tersebut. Kemudian kulitnya yang kering direbus lalu diminum setiap hari.

# Lidah buaya

Bahan yang satu ini terkenal sebagai bahan kecantikan yaitu memutihkan kulit serta membuat subur rambut. Khasiat lainnya bagi kesehatan yakni bisa sebagai alternatif mengatasi wasir.  

Sama seperti yang di atas, lidah buaya di dalamnya juga banyak mengandung zat antioksidan serta detoksifikasi tubuh. Lantas bagaimana cara membuat herbal obat wasir?.

Sebelum membuatnya menjadi jus, potong terlebih dulu menjadi beberapa bagian. Lalu cucilah sampai bersih, kemudian diblender sampai halus atau membentuk jus.

# Akar kangkung

Sayuran hijau satu ini memang kaya akan zat besinya. Selain nikmat jika diolah menjadi masakan, ternyata kangkung terlebih pada akarnya (karena bukan daun yang dimanfaatkannya) bisa dijadikan sebagai obat alami ambeien.

Selain kandungan zat besi, sayura hijau ini juga banyak vitamin B1-nya, vitamin C, kalsium, protein serta fosfor yang sangat bermanfaat bagi Anda yang menderita wasir.

Akar kangkung tersebut bukan dimasak, namun direbus dengan air sebanyak dua gelas. Jika sudah mendidih serta sisanya hanya satu gelas, maka rebusan itu bisa Anda minum.

# Daun sirsak

Selain itu, cara mengobati wasir secara alami lainnya bisa juga dengan memanfaatkan daun sirsak, yang di dalamnya terkandung senyawa bermanfaat sebagai antibakteri.

Tidak sulit untuk membuat ramuan dari daun sirsak, cukup sediakan lima helai serta dua gelas air bersih. Rebus semua bahan tersebut sampai matang dan menyisakan satu gelas, kemudian air rebusan tersebut diminum baik di malam atau pagi hari.

# Cocor bebek

Tanaman yang biasa dijadikan hiasan ini, di dalamnya mengandung magnesium malat, tanin, biofilin, kalsium dan sebagainya, yang berguna untuk anti-peradangan.

Cocor bebek dibersihkan terlebih dulu lalu dijemur sampai kering, kemudian ditumbuk sampai lembut, lalu diseduh dengan air panas layaknya menyeduh minuman teh. 

# Cuka Apel

Cara mengobati wasir selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Menurut pendapat para ahli kesehatan, bahwa cuka apel ini bisa menyembuhkan inflamasi atau radang serta membunuh bakteri.

Caranya adalah, siapkan terlebih dulu cuka apel dan kapas. Lalu, kapas tersebut direndamkan ke cuka apel yang sudah ditaruh di mangkuk atau semacamnya. Selanjutnya, bagian ambeien dikompres menggunakan kapas yang sudah dicampuri cuka apel. Diamkan kurang lebih setengah jam.

Apabila saat mengompres merasa sangat perih, cuka tersebut dapat dicampurkan dengan air hangat sedikit saja.  

# Kompres dengan es

Bengkak karena ambeien bisa dihilangkan dnegan menggunakan kompres dingin atau dengan memakai es. Cara tersebut bisa dipraktekan untuk penderita ambeien yang lumayan parah serta sakit karena bengkak.

Caranya adalah, siapkan es batu dan kain halus dan bersih, lalu bungkus es tersebut dengan menggunakan kain, diamkan selama kurang lebih lima belas menit. Yang menjadi perhatian adalah jangan sampai es tersebut mengenai kulit di bagian yang bengkak.

# Makanan yang seratnya tinggi

Untuk melancaran BAB dengan tinja yang keras bisa diobati dengan memakan makanan yang seratnya tinggi. Makanan tersebut bisa berupa biji-bijian, kubis, kacang-kacangan, buah alpukat, dan sebagainya.

Cara mengobati wasir dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi sebanyak 30 sampai 35 gram ini bisa melunakkan feses. Bahkan menurut penelitian medis, diet serat tinggi bisa meminimalisir resiko gejala pendarahan karena ambeien kurang lebih 50%.

Sementara untuk Anda yang menderita ambeien, saat mandi atau berendam sebaiknya menggunakan air hangat dengan dicampur garam Epsom.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Harvard Health, sesudah mandi air hangat yang ditambahkan garam epsom kurang lebih dua puluh menit, maka bisa mengefektifkan gerakan pada usus, serta meminimalisir rasa sakit karena ambeien.

Selain itu, sebaiknya penderita ambeien juga memakai celana yang longgar dan berbahan katun, karena bisa daerah dubur tetap kering serta bersih. Hindari juga deterjen hal itu untuk meminimalisir iritasi pada ambeien.

Dan yang terakhir, perbanyak minum air putih. Tujuannya adalah menghindari dehidrasi, karena kekurangan cairan bisa mengakibatkan susah/tidak lancarnya BAB, yang dapat bertambah buruknya gejala ambeien.

Dari cara mengobati wasir secara alami di atas, bisa Anda pilih dan dipraktekan sebelum melakukan operasi. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...