Cara Mengusir Kecoa dan Mencegahnya Kembali ke Rumah

cara mengusir kecoa
Cara mengusir kecoa dan mencegahnya kembali ke rumah. Foto: Net/Ist

Cara mengusir kecoa berikut menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat juga menggunakan cara sederhana untuk membasmi kecoa. Selain itu ada juga tips agar kecoa tidak kembali lagi ke rumah.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),– Kehadiran kecoa dalam rumah terasa sangat menganggu, apalagi kecoa merupakan binatang yang penuh dengan kuman. Bentuknya pun terlihat mengerikan. Karena itu, umumnya orang merasa jijik dengan kecoa.

Jika Anda termasuk salah satunya ada cara mengusir kecoa dari rumah dan mencegahnya datang kembali. Dari berbagai literature tentang kecoa, ada banyak yang menyebutkan kecoa mengandung cacing halus yang dapat menyebabkan penyakit.

Berikut cara mengusir kecoa yang ampuh dan dapat mencegahnya untuk kembali ke rumah:

Mengusir Kecoa dengan Aroma Bahan Alami

Anda bisa menggunakan berbagai macam aroma bahan-bahan alami, misalnya salam, bubuk kopi segar, sampai minyak essensial seperti kayu putih. Ketiga bahan tersebut ampuh sebagai cara membasmi kecoa.

Baca Juga: Konsumsi Kecoa Bermanfaat Bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya

Salam, misalnya, daun rempah ini memiliki wangi yang konon dibenci oleh kecoa. Caranya Anda bisa mengambil daun salam yang sudah kering, remukkan daun salam tersebut lalu sebarkan di tempat-tempat kecoa biasa muncul. Tempatkan pula daun salam di area yang sering dilalui kecoa.

Jika Anda ingin menggunakan kopi sabagai cara mengusir kecoa, maka Anda bisa menaburkan bubuk kopi di sejumlah ruangan yang sering didatangi kecoa. Kopi di sini adalah kopi bubuk yang masih murni, bukan yang sudah dicampur dengan susu, gula ataupun krimmer.

Selain salam dan bubuk kopi, Anda juga bisa menggunakan aroma dari minyak esensial. Misalnya Anda bisa memanfaatkan kayu putih yang merupakan minyak esensial paling popular dan paling mudah didapatkan. Anda bisa meneteskan minyak kayu putih pada kapas, kemudian taruh di area yang biasa dilewati kecoa.

Buat Perangkap Kecoa dengan Potongan Mentimun

Mentimun juga bisa digunakan untuk mengusir kecoa dari rumah, bahkan juga bisa jadi salah satu cara mengusir kecoa dari mobil. Mentimun mengandung bahan mematikan untuk hewan kecil ini, terutama mentimun yang masih segar.

Anda cukup menyediakan sejumlah kaleng bekas sebagai perangkap. Lalu taruh potongan mentimun di dalamnya. Aroma mentimun akan menarik kecoa untuk masuk ke dalam kaleng.

Baca Juga: Es Krim Kecoak Kaya akan Protein jadi Peluang Usaha yang Menyehatkan

Nah, campuran aroma mentimun dan kaleng ini bisa bereaksi dan mampu membunuh kecoa yang masuk ke dalam kaleng tersebut. Anda bisa menempatkan beberapa perangkap kecoa ini di area rumah yang kerap didatangi kecoa.

Gunakan Perasan Jeruk Lemon untuk Basmi Kecoa

Jeruk lemon yang memiliki kandungan anti bakteri dapat digunakan sebagai cara membasmi kecoa dari rumah. Caranya cukup dengan mencapurkan air perasan lemon ke dalam air. Lalu airnya yang telah dicampur perasan lemon tersebut gunakan untuk mengepel lantai.

Larutan Sabun Cuci dan Air untuk Membunuh Kecoa

Larutan sabun mandi dan air ampuh untuk membunuh kecoa. Campuran sabun mandi dengan air ini merupakan cara sederhana dan aman untuk membasmi kecoa. Berbeda dengan insektisida yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Anda cukup menyampurkan sabun cuci ke dalam air dan buatlah hingga benar-benar encer. Setelah itu masukkan ke dalam botol semprotan. Anda bisa menggunakan botol semprot bekas parfum yang sudah tidak digunakan lagi.

Anda tinggal menyemprotkan larutan tersebut ke tempat-tempat yang biasa dilalui oleh kecoa. Jika Anda menemukan kecoa, Anda juga bisa langsung menyemprotkannya ke kepala dan perut kecoa yang sedang lewat.

Semprotan dari larutan sabun cuci ini juga ampuh sebagai cara mengusir kecoa terbang. Larutan ini berguna dalam menutup pori tempat bernafas kecoa. Hal ini akan mambuat kecoa cepat mati.

Gunakan Kapur Barus

Tentu Anda pernah menggunakan kapur barus untuk mengusir kecoa. Kapur barus memang ampuh baik sebagai cara mengusir kecoa di dapur maupun tempat-tempat lainnya di dalam rumah.

Begitupun jika kecoa ada dalam lemari baju maupun lemari tempat menyimpan alat makan, dan rak buku, Anda cukup menempatkan sejumlah kapur barus di tempat-tempat tersebut. Jangan lupa untuk menggantinya jika sudah menguap.

Cara Mengusir Kecoa dan Mencegahnya Kembali ke Rumah

Jika di atas adalah cara mengusir kecoa yang bisa dipraktekkan dengan mudah. Lalu bagaimana cara mencegah kecoa datang lagi ke rumah? Berikut tipsnya:

Pertama, sapu dan pel rumah setiap hari. Jika Anda hanya menyapunya, mungkin ada  kotoran dari remah-remah makanan yang masih tertinggal jika disapu saja, karena itu dengan mengepelnya, kotoran tersebut bisa hilang. Setelah dipel keringkan lantai agar tidak jadi sumber minum bagi kecoa.

Kedua, buang sampah dapur dengan rutin. Aroma sampah konon dapat mengundang kecoa datang. Selain menggunakan tempat sampah yang punya penutup, Anda juga wajib membuang sampah dapur ecara rutin agar tidak menumpuk. Jika tidak ada sampah, maka kecoa tidak akan datang ke rumah.

Ketiga, jangan ada tetesan air di dalam rumah. Kecoa mungkin bisa bertahan jika tidak mendapat asupan makanan. Berbeda jika kecoa tidak dapat minum, kecoa bisa cepat mati. Karena itu penting untuk membersihkan genangan air misalnya di tempat cuci piring, lantai maupun meja.

Keempat, tutuplah saluran air. Anda bisa mengecek saluran pembuangan dan kran air. Bila ada kebocoran segeralah perbaiki, supaya tidak ada air yang menetes dan jadi sumber minuman bagi kecoa.

Kelima, tutup retakan dinding, perabot, atau lemari cabinet tempat perabotan dapur. Karena tubuh kecoa yang kecil bisa menyelip lewat celah celah tersebut. Dengan menutupnya maka bisa mencegah kecoa lewat.

Keenam, yang paling penting adalah jangan sekali-kali menggencet kecoa. Membunuh kecoa dengan cara memukul hingga gepeng atau menggencetnya, akan membuat seluruh racun serta cacing pita di dalam tubuh kecoa keluar, lalu menempel dan menyebar ke seluruh penjuru rumah.

Baca Juga: Jangan Bunuh Kecoa sampai Isi Perutnya Keluar, Ini Bahayanya

Itulah cara mengusir kecoa dan cara mencegah kecoa kembali ke rumah. Selain bisa dipraktekkan sebagai cara mengusir kecoa di kamar tidur dan cara mengusir kecoa di kamar mandi, ataupun di tempat lainnya, Anda juga bisa melakukannya sebagai cara mengusir kecoa di mobil dan cara mengusir kecoa terbang. Jadi daripada menggunakan jasa pembasmi kecoa, lebih baik gunakan bahan alami dan cara sederhana saja. (Ndu/R7/HR-Online)