Cara Mengusir Tikus di Dalam Rumah dengan Mudah dan Aman

Cara Mengusir Tikus. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Cara mengusir tikus di dalam rumah, atau loteng banyak dicari orang. Karena sering menggangu penghuni rumah. Sehingga tidak salah jika binatang pengerat ini menjadi ‘publik enemy’ atau musuh masyarakat.

Selain itu, binatang pengerat yang satu ini bukan hanya mengganggu seisi rumah, melainkan juga ‘menyikat’ makanan, sering memakan kabel, sabun mandi batangan, bahkan merusak pintu dari kayu untuk membuat jalan masuk atau keluar.

Jika tidak ingin hewan satu ini masuk rumah, maka disarankan rajin-rajin membersihkan setiap ruangan jangan sampai kotor, baik itu dari sampah atau sisa makanan.

Sebab, hewan moncong ini sangat menyukai ruangan yang kotor, sembunyi di lokasi atau sela-sela yang gelap.

Namun jika hewan menjengkelkan ini terlanjur sudah masuk rumah tentu harus diusir. Pasalnya, apabila tidak segera ditangani maka ditakutkan tikus akan berkembang biak, dan binatang pengerat ini terkenal atau “rajin” berkembang biak bahkan sangat cepat.

Lantas bagaimana cara mengusirnya? Ada banyak solusi untuk melakukan hal tersebut, bisa memakai racun, jebakan atau lainnya. Masalahnya apakah cara tersebut benar-benar simple, gampang atau tidak ribet serta tidak membahayakan penghuni rumah dan lainnya.

Berikut ini cara mengusir tikus di dalam rumah dengan aman, mudah serta mujarab, seperti dirangkum HR Online dari berbagai sumber.

# Cuka

Yang pertama adalah dengan menggunakan cuka. Siapkan terlebih dulu cuka, mangkok, kapas yang bentuknya seperti bola, serta sarung tangan berbahan plastik.

Yang harus dilakukan pertama kali yakni memeriksa setiap penjuru ruangan, seperti dapur dan ruang makan. Namun, jika ada sesuatu yang dapat mendatangkan hewan pengerat ini, misalkan sisa makanan atau lainnya, segera bersihkannya dengan memakai air bersih dan cuka.

Selanjutnya, celupkan kapas tersebut ke dalam mangkok yang sudah berisi cuka, dan yang perlu diingat memakai sarung tangan. Lalu simpan kapas berbentuk bola itu ke seluruh daerah yang menjadi daerah tinggalnya, jalan masuk dan keluar tikus. Ingat! Jangan sampai tempat yang terlewatkan.

Yang perlu diperhatikan kembali adalah bola kapas yang rutin dikontrol. Tujuannya untuk mengetahui apakah ada kapas yang sudah mengering, jika memang ada, sebaiknya segera diganti dengan kapas plus air cuka yang baru.

# Kulit telur

Kulit telur bisa dimanfaatkan untuk mengusir hewan pengerat yang satu ini. Untuk membuat “ramuan” ajaib pengusir tikus ini yakni terlebih menghaluskan kulitnya sampai bubuk. Kemudian kulit yang bubuk itu ditaburkan pada lokasi yang kerap dilalui oleh tikus.

Jika hewan menjengkelkan itu mengenai bubuk tersebut, maka bisa membunuhnya meski tidak secara langsung. Biasanya binatang moncong ini berputar serta terbalik terlebih dulu sebelum mati.

Sebagai bahan informasi, dari berat secara keseluruhan kulit telur terdapat kandungan atau lapisan kapur sebanyak 9%-12%. Selain itu juga mengandung kallsium karbonate sebanyak 94 %, magnesium 1%, kalsium fosfate, karbonate serta lainnya.

Cara Mengusir Tikus di Dalam Rumah pada Plafon

Jika ingin ‘menendang’ hewan pengerat yang identik dengan joroknya ini tentu segampang yang terdapat di ruangan pada rumah, karena harus naik ke plafon.

Memang dibutuhkan usaha dan pengorbanan, tapi tidak ada salahnya mencoba ketimbang suara hewan menjengkelkan ini menggangu seisi rumah.

Berikut ini cara mengusir tikus di dalam rumah terutama di atap, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Kapur barus

Binatang pengerat ini ternyata tidak menyukai terhadap benda yang mengeluarkan aroma harum seperti kamper atau kapur barus. Selain bahan tersebut sangat gampang didapat, cara untuk mengusirnya juga tidak lah sulit.

Cukup simpan kapur barus di loteng atau plafon, terutama yang kerap menjadi jalan atau sarang tikus.

# Daun sirsak

Kemudian dapat juga memanfaatkan daun sirsak. Seperti halnya kamper, daun sirsak juga mengeluarkan aroma yang membuat tikus sangat membencinya. Dengan bau yang dikeluarkan oleh daun sirsak, bisa membuat binatang yang satu ini lari tunggang langgang dan tidak bakalan kembali lagi.

Lantas bagaimana caranya menyingkirkan tikus memakai daun sirsak? cukup simpan beberapa lembar saja pada lokasi yang kerap dilalui atau sarangnya.

# Bawang merah

Irisan bawang merah juga snagat efektif dan mujarab untuk mengusir tikus di palfon rumah. Dari baunya yang disimpan di setiap penjuru plafon rumah, menjadikan tikus tidak akan kembali lagi.

# Durian

Cara mengusir tikus di dalam rumah pada plafon lainnya yaitu memakai kulit durian. Setelah kulit durian dipotong beberapa bagian, lalu simpan pada setiap penjuru atau jalan yang keraap menjadi jalan tikus.

Aroma khas bersumber dari durian ini dapat menyingkirkan hewan pengerat yang terkenal kotor serta jijik ini dari plafon bahkan di dalam rumah.

# Merica

Merica/lada juga dapat dijadikan ‘racun’ tikus alami. Caranya cukup menaburkan bumbu dapur yang satu ini ke tempat yang kerap dijadikan jalan atau sarang, maka binatang pengerat ini dijamin kabur dan bakalan tidak kembali lagi.

Binatang pengerat ini sangat benci aroma pedas bersumber dari lada atau merica. Tikus sudah bisa mencium aroma tersebut, sehingga mereka pergi atau tidak bakalan masuk ke plafon. Untuk lada yang dapat mengeluarkan bau menyengat dan tajam dan tahan lama, maka pilihlah lada segar yang sudah digiling.

# Perangkap tikus

Cara lainnya yaitu memakai perangkap tikus seperti yang terbuat dari kawat atau lem khusus, dan cara ini memang yang paling banyak dilakukan karena mudah didapat atau dibeli bahkan bisa membuat perangkap sendiri.

Cara mengusirnya memakai alat ini tinggal memasang umpan bisa dengan potongan makanan di perangkap. Apabila tikus dapat masuk ke jebakan, dapat dipastikan tidak akan lolos atau keluar.

# Extro

Alat elektrik yang satu ini memang tidak bisa membunuh, namun diyakini dapat mengusir tikus. Namun masalahnya adalah harus ada colokan listrik untuk menyalakan Extro. Untuk harga Extro sekitra Rp 350 ribuan. Selain untuk mengusir tikus, alat elektronik ini juga bisa untuk menyingkirkan serangga.

# Racun tikus

Cara mengusir tikus di dalam rumah yang ada di plafon terakhir yaitu menggunakan racun tikus, yang bisa dibeli di toko bangunan atau lainnya. Biasanya racun tikus ini bentuknya berupa batangan seperti cokelat. Sebelumnya, potonglah racun tikus itu menjadi beberapa bagian, dan sebarkan di seluruh penjuru plafon rumah Anda. Dengan bentuk dan warna seperti dapat memikat tikus untuk mendekati dan kemudian memakannya. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...