Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat dan Aman

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat dan Aman. Photo : Istimewa.

Berita Gaya Hidup (harapanrakyat.com), Beragam cara menurunkan kolesterol dengan tepat, cepat, dan aman yang mudah dilakukan, salah satunya mengubah gaya hidup tak sehat dan pola makan.

Dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (15/06/2019), mengubah gaya hidup tak sehat serta memperbaiki pola makan dapat menjadi cara untuk menjaga agar kadar kolesterol dalam darah tetap terkontrol dengan baik.

Perlu diketahui bahwa kolesterol tinggi terjadi saat kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal, yakni >200mg/dL. Kalau kondisi tersebut terus dibiarkan maka risiko munculnya berbagai penyakit seperti jantung dan stroke akan meningkat.

Bagi Anda yang memiliki koleterol tinggi penting kiranya untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol yang tepat dan aman supaya terhindar dari berbagai risiko munculnya penyakit komplikasi.

Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi yang tepat dan aman yang dapat Anda lakukan dengan mudah;

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Sayur dan Buah. Photo : Istimewa.

Sejumlah ahli kesehatan menyarakan perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Hal itu karena kandungan serat dalam sayur dan buah bisa membantu menurunkan kadar kolseterol jahat. Disarankan konsumsi sekitar 500 gram sayur dan buah setiap harinya.

Konsumsi Makanan Mengandung Omega-3

Makanan kaya akan kandungan omega-3 bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Ada beragam makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3, diantaranya ikan tuna, salmon, sarden, makarel, kacang kenari, dan biji chia.

Pilih Makanan Rendah Lemak

Tips menurunkan kolseterol berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan mengandung kadar lemak yang rendah. Konsumsi ayam, ikan, daging sapi tanpa lemak, putih telur, susu rendah lemak, kacang-kacangan, polong-polongan, tahun dan tempe bisa menjadi pilihan tepat. Disarankan hindari makanan berlemak seperti goreng-gorengan.

Konsumsi Buah-buahan

Selain makan yang kaya akan kandungan serat, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung senyawa kimia yang dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik alias kadar HDL dalam tubuh.  

Ada beragam buah yang bisa Anda pilih untuk menurunkan kadar koleterol, diantaranya buah jeruk, alpukat, jambu biji, pir dan buah apel.

Konsumsi Minuman yang Mengandung Serat Larut

Supaya lebih praktis, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen atau minuman yang mengandung serat larut inulin dan beta glucan.

Inulin berguna untuk menurunkan kadar kolseterol total dan trigliserida di dalam darah, sedangkan beta glucan dapat menurunkan klosterol total dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Apalagi jika produk minuman tersebut mengandung vitamin B1 dan B2 yang bisa membantu pembakaran kolesterol dalam tubuh menjadi energy, itu lebih baik.

Berhenti merokok. Photo : Istimewa.

Berhenti merokok menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol. Perlu diketahui bahwa rokok juga dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh.

Jadi, berhentilah merokok bagi Anda yang punya kebiasaan ini. Karena, kebiasaan meroko bisa menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Selain menurunkan kadar koleterol baik, kebiasaan merokok juga bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih kaku. Bila ini terjadi, maka risiko terkena penyakit jantung dan stroke bakal meningkat.

Olahraga Teratur

Anda juga disarankan rutin berolahraga, selain mengatur pola makan. Ini adalah salah satu cara menurunkan kolesterol. Karena. dengan rutin berolahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, tapi juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.

Kontrol Berat Badan

Kontrol berat badan. Photo : Istimewa.

Tips berikutnya adalah dengan menjaga agar berat badan tetap ideal. Sebab, orang dengan berat badan berlebih rentan mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Untuk itulah Anda disarankan supaya menjalani diet sehat agar berat badan bisa turun demi menurunkan kadar kolesterol tinggi, dan selalu mengontrol berat badan.

Tips Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Pola Hidup Sehat

Jika Anda sudah mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi, maka Anda pun dianjurkan untuk mempertahankan agar kadar kolesterol bisa tetap normal dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Sehingga, kadar kolesterol tak mudah naik kembali.

Sebenarnya menerapkan pola hidup sehat tidaklah sulit selama Anda punya niat dan disiplin dalam menjalaninya. Selain rutin melakukan olahraga, pola makan yang sehat juga menjadi menjadi bagian dari gaya hidup.

Batasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging berlemak, sosis, daging asap, es krim, makanan bersantan, kue kering, dan biskuit. Hal ini agar kadar koleterol dalam darah bisa terkontrol dengan baik.

Bukan hanya itu, makanan yang mengandung gula juga harus dibatasi karena dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Itulah beragam cara menurunkan kolesterol tinggi yang tepat dan aman, yang dapat Anda lakukan, sambil menjalani pengobatan dari dokter. Jangan lupa cek kadar kolesterol secara rutin sesuai dengan anjuran dari dokter. (Eva/R3/HR-Online)