Cilacap Diguncang Gempa, BPBD Pastikan Pangandaran Aman dan Wisatawan Tak Perlu Khawatir

objek wisata Pangandaran
Pantai Pangandaran saat libur panjang. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, memastikan bahwa kondisi Pangandaran aman dan tidak ada dampak apapun setelah terjadi gempa bumi berkekuatan 5,5 SR yang berpusat pada koordinat 8,68 LS dan 108,82 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 107 km arah selatan Kota Cilacap, Kabupaten Cilacap, Propinsi Jawa Tengah.

“Setelah mendapat laporan gempa di Cilacap, kami langsung melakukan koordinasi dengan Relawan Penanggulangan Bencana, penggiat wisata, TNI, POLRI dan masyarakat. Dari hasil koordinasi itu perlu kami sampaikan bahwa kondisi di Kabupaten Pangandaran pada umumnya berjalan aman dan tidak terdampak dari gempa tersebut, baik dari kegiatan sosial, ekonomi dan aktivitas di seluruh obyek wisata,” kata Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, dalam pres rilisnya, yang dikirim ke redaksi HR Online, Minggu (09/06/2019).

Nana juga menghimbau kepada masyarakat dan wisatawan agar tetap tenang dan beraktivitas sebagaimana biasa. “Tidak usah khawatir. Kami pastikan Pangandaran aman. Bagi warga yang sudah mempunyai jadwal tujuan wisata ke daerah Pangandaran, jangan sampai menunda. Apalagi sampai membatalkan rencana wisata,” tegasnya.

Nana juga meminta agar masyarakat tidak termakan informasi hoax atau berita bohong mengenai peristiwa bencana. Untuk memantau informasi mengenai kebencanaan, kata dia, baiknya mengambil dari sumber resmi BMKG, baik dari media sosial maupun website resmi milik BMKG.

“BMKG memiliki kanal komunikasi resmi yang sudah terverifikasi. Untuk media sosial akses Instagram/Twitter @infoBMKG. Untuk website kunjungi http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id. Bisa juga melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 5.5 skala richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dan sekitarnya. Gempa tersebut terjadi pada Minggu (9/6/2019) pukul 16.32 WIB. Getaran gempa itupun terasa hingga ke daerah Pangandaran, Banjar, Ciamis dan beberapa daerah di Jawa Tengah.

Mengutip dari laman bmkg.go.id, lokasi gempa tepatnya berada di titik koordinat 8.51 LS – 108.86 BT. Sementara itu, pusat gempa berada di 88 km Barat Daya CILACAP-JATENG dengan kedalaman 88 km. (R2/HR-Online)