Diduga Diserang Bakteri, Daun Padi Menguning di Ciamis

daun padi menguning
Daun padi yang tiba-tiba menguning di Blok Ciakar Hilir, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Daun padi di Blok Ciakar Hilir, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tiba-tiba menguning, padahal tanaman padi di Blok tersebut baru berusia 1,5 bulan dan belum berbuah. Perubahan warna pada daun padi tersebut diduga lantaran kurangnya pasokan air dan akibat serangan bakteri.

“Saat ini usia padi sudah hampir 1,5 bulan, sebentar lagi berbuah, tapi tiba-tiba daunnya menguning, kemungkinan karena pasokan air kurang atau bisa jadi karena serangan bakteri,” ujar Kartiwan, petani setempat kepada HR Online, Rabu (26/6/2019).

Kartiwan mengaku khawatir, jika perubahan warna daun padinya tak segera ditangani, maka bisa menyebar ke seluruh tanaman padi miliknya dan akhirnya bisa gagal panen.

“Penyebabnya, kami petani di sini juga tidak tahu kenapa daun padi tiba-tiba menguning,” ucapnya.

Jika karena kekurangan zat hara kalsium, kata Kartiwan, masih bisa diaplikasikan pupuk usulan yang ditunjang dengan pupuk daun yang memiliki kadar kalsium tinggi.

“Namun kalau ternyata terserang bakteri, maka otomatis harus ada penanganan serius,” kata Kartiwan.

Hal senada diungkap Sopiah, petani lainnya. Sopiah mengatakan, menguningnya daun padi juga bisa disebabkan kekurangan Magnesium (Mg).

“Biasanya terjadi pada daun tua yang mengalami klorosis atau yang awalnya berwarna hijau berubah menjadi kekuningan,” terang Sopiah.

Sementara sumber HR Online yang lain mengatakan, menguningnya daun padi bisa terjadi lantaran kekurangan Kalsium (Ca). Hal itu akan terlihat pada daun muda yang mengalami Klorosis.  

“Pada akhirnya keadaan ini bisa menyebar pada tulang-tulang daun muda, sehingga seluruhnya berubah menjadi kuning,” katanya.

Terlepas karena kurangnya pasokan air dan adanya dugaan terserang bakteri , kata dia, agar tidak merambah ke pesawahan lain, maka tidak ada jalan lain selain dilakukan pengobatan segera.

“Tentu juga disertai pencegahan, agar kekhawatiran akan gagal panen tidak terjadi,” pungkasnya.

Dari penelusuran HR Online, fenomena daun padi menguning tiba-tiba padahal belum berbuah ini, diakibatkan karena serangan bakteri bernama xanthomonas. Hal ini terjadi di beberapa daerah, contohnya terjadi di Kabupaten Gresik, Jawa Tengah, pada Januari 2019 lalu.

Daun padi yang belum berbuah justru menguning, lalu membusuk dan kering. Akhirnya sejumlah petani mengalami gagal panen di Kabupaten Gresik, Jawa Tengah. (Edji/R7/HR-Online)