Grup Musik Drum Tong Waringinsari Meriahkan HUT Ciamis

grup musik drum
Anggota grup musik Drum Tong asal Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, saat melakukan gladi resik sebelum tampil di acara karnaval budaya HUT Ciamis. Photo : Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kota Banjar ambil bagian dalam acara karnaval budaya Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Ciamis, yang digelar Selasa (25/06/2019), dengan menampilkan kreasi kesenian Drum Tong dari Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari.

Musik kentongan yang dipadukan dengan drum itu merupakan kesenian tradisional yang kini mulai punah, dan kembali dilestarikan warga masyarakat Desa Waringinsari, melalui paguyuban kesenian yang beranggotakan puluhan anggota Linmas, PKK dan lembaga lainnya, dengan mendirikan group musik tersebut sekitar dua tahun lebih.

Group musik Drum Tong itu sempat ditampilkan Pemerintah Desa Waringinsari dalam karnaval seni dan budaya HUT Kota Banjar pada bulan Februari lalu, dan mendapat apresiasi dengan meraih juara III.

Pjs. Kepala Desa Waringinsari, Dede Harismas, mengatakan, pihak pemerintah desanya diberi kepercayaan Pemkot Banjar untuk menampilkan seni Drum Tong pada acara karnaval budaya HUT Ciamis.

Menurutnya, dengan dikirimkannya group musik Drum Tong dari desanya, tentu tak lepas dari penampilan apik yang ditunjukkan anggota group tersebut saat karnaval HUT  Kota Banjar.

“Ya, bersyukur kreasi seni dari desa kita kebagian dikirim Pemkot Banjar untuk meriahkan karnaval di daerah tetangga (Kabupaten Ciamis-red),” ucapnya.

Dede juga mengatakan, setiap kabupaten/kota pasti memiliki potensi kebudayaan seni yang berbeda dan beragam. Dengan keterlibatannya Pemkot Banjar untuk menampilan senimannya tentu sebagai bentuk dukungan ingin memeriahkan dan meramaikan HUT Kabupaten Ciamis.

“Tentunya juga ini bentuk dorongan bagi kemajuan para seniman dan upaya melestarikan seni tradisional yang mulai punah tergerus aneka ragam musik modern,” tkata Dede.

Sementara itu, salah seorang anggota Drum Tong, Sunarti, mengaku dirinya merasa senang dan bangga group musik Drum Tong dipercaya tampil dalam karnaval budaya HUT Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah, group musik kami dipercaya Pemkot Banjar untuk tampil ikut meriahkan karnaval budaya HUT Kabupaten Ciamis tahun ini,” ucapnya. (Nanks/Koran HR)