H+3 Lebaran 2019, Volume Kendaraan di Kawali Ciamis Naik 200%

Kendaraan di Kawali
Salah satu ruas jalan di Kawali, Kabupaten Ciamis mulai dipadati kendaraan, Jum'at (7/6/2019). Foto: Edji/HR-Online

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– H+3 lebaran 2019, volume kendaraan yang melintas di sejumlah jalan di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan. Dari pantauan petugas Satlantas Mapolsek Kawali, peningkatan volume kendaraan mencapai 200 persen pada Jum’at (7/6/2019).

“Volume kendaraan pada H+3 lebaran ini di Jalan Siliwangi kawali mengalami peningkatan sampai 200%,” kata Aiptu Hidayat, anggota Mapolsek Kawali.

Tak heran jika akses jalan akses jalan Siliwangi di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, dipadati kendaraan. Akibatnya jalanan ramai dan macet.

“Sejak pagi sudah macet karena padatnya kendaraan,” kata Aiptu Hidayat.

Aiptu Hidayat menambahkan padatnya kendaraan di Jalan Siliwangi Kawali tersebut disebabkan masih adanya pemudik yang baru pulang kampung pada hari ketiga usai lebaran. Selain itu, adanya arus balik juga menjadi penyebab jalanan ramai dan macet di Kawali.

“Selain masih ada pemudik dan arus balik, banyak juga pengendara yang hendak bepergian ke sejumlah obyek wisata yang ada di Kawali. Karena itu jalanan di sini (Kawali) sudah macet dari pagi,” katanya.

Sementara, Eje Jenal, petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis, mengatakan , selain sudah memasuki arus balik, kepadatan kendaraan merupakan dampak pengalihan Tol Cipali.

“Biasanya kendaraan yang lewat Tasik atau Bandung dialihkan ke lajur Cirebon atau lintas Kawali,”ujarnya.

Eje menambahkan, kendaraan yang melintas di Jalan Siliwangi Kawali didominasi oleh kendaraan pribadi dan kendaraan roda dua.

“Kami prediksi lonjakan kendaraan di Kawali Ciamis ini akan mencapai puncaknya pada hari Sabtu dan Minggu,” katanya. (Edji/R7/HR-Online)