Harga Cabai di Pasar Manis Ciamis Meroket

Pasar Manis Ciamis
Ilustrasi cabai. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Harga komoditi cabai merah, cabai keriting dan cabai hijau di Pasar Manis Ciamis mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding masa lebaran kemarin. S ekarang harga jual komoditi cabai mencapai Rp 50.000 hingga Rp 60.000 perkilogram.

Pedagang di Pasar Manis Ciamis, Andri, ketika ditemui Koran HR, Selasa (18/06/2019), mengatakan, naiknya harga jual cabai merah, cabai hijau dan cabai kriting, karena kebutuhan meningkat setelah libur lebaran.

“Harga beli dari pengepul sudah sekitar Rp. 45.000 perkilogramnya. Mau tidak mau kita jual lebih tinggi. Meski harga jual mahal, akan tetapi kebutuhan pembeli meningkat. Para pembeli pun tidak membeli banyak,”ungkapnya

Andri mengaku kaget ketika ada kenaikan harga dari pengepul. Karena ketika kebutuhan meningkat seperti saat libur lebaran kemarin, harga jual kepada pembeli masih di kisaran Rp 35.000.

Lebih lanjut, kata Andri, ketika ada kenaikan harga para pembeli biasanya enggan membeli. Akan tetapi karena kebutuhan, meski mahal, mereka tetap membeli. Apalagi para pembeli yang akan dijual kembali di warung.

“Keuntungan bagi kami penjual di pasar jika harga jual tinggi. Akan tetapi juga bisa membawa dampak kerugian apabila pembeli tidak ada. Karena harga yang mahal dan itu yang kita takutkan para penjual. Sementara stok banyak, harga tinggi, pembeli berkurang, jelas akan merugi,” jelasnya.

Pipin, petani cabai Ciamis, ketika ditemui Koran HR, menjelaskan, saat ini harga jual cabai baik merah, hijau dan keriting sedang mahal dan petani sedang panen. Menurut dia, harga jual dari petani untuk komoditi cabai merah, hijau dan keriting di kisaran angka Rp. 40.000 perkilogramnya. (Es/Koran HR)