HP Oppo Reno dan Reno 10x Zoom Resmi Mendarat di Indonesia, Ini Harganya

HP Oppo Reno dan Reno 10x Zoom Resmi Mendarat di Indonesia, Ini Harganya. Photo : Istimewa.

Berita Teknologi (harapanrakyat.com),- HP Oppo Reno dan Reno 10x Zoom akhirnya resmi mendarat di Indonesia 17 Juni 2019. Kehadiran perangkat tersebut diakui bakal menjadi jagoan baru Oppo di pasar smartphone kelas premium.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Senin (17/06/2019), di Indonesia, Oppo Reno opsi RAM 6 GB/ROM 256 GB dibandrol dengan harga Rp 7,999 juta. Sedangkan, Oppo Reno 10x Zoom yang hanya memasukkan RAM 8 GB dan ROM 256 GB ke Indonesia harganya Rp 12,999 juta, dengan menawarkan dua warna pilihan, yakni Ocean Green dan Jet Black.

Sebelumnya perangkat tersebut sudah terdaftar di situs P3DN (Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI.

Di situs tersebut, Oppo Reno memiliki kode CPH 1917 dan mendapat sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dengan mendapatkan nilai kandungan lokal sebesar 35,05 persen.

Selain itu, perangkat ini juga telah tercatat di situs Direktorat Jendral (Ditjen) SDDPI Kementerian Pos dan Telekomunikasi RI dengan Nomor 61444/SDPPI/2019.

HP Oppo Reno dan Reno 10x Zoom masuk ke dalam ketegori smartphone premium dengan menyasar pangsa pasar high end atau kelas atas, yang spesifik didesain bagi para orang kreatif dan penggemar fotografi smartphone.

Jika melihat dari segi fitur, salah satu keunggulan dari seri Oppo Reno 10x Zoom adalah kamera depan 16 MP dengan mekanisme “pivot rising camera”, di mana kamera selfie perangkat ini akan muncul hanya di satu sisi saat membuka aplikasi kamera. Dengan begitu, modul kameranya berbentuk seperti bidang segitiga.

Sedangkan, di bagian belakang modul kamera selfie-nya terdapat pula LED flash yang dapat digunakan ketika menjepret foto low-light memakai kamera belakang.

Untuk versi Oppo Reno reguler, Oppo membekali layar dengan luas bentangan 6,4 inci, resolusi HD+ serta rasio aspek 19,5:9. Dibekali juga fitur fingerprint scanner yang ditanam di dalam layar (in-display fingerprint scanner).

Sementara, di bagian punggungnya disematkan dual kamera yang masing-masing memiliki resolusi 48 MP (f/1.7), dan 5 MP untuk depth sensor guna menghasilkan efek bokeh.

Di bagian sisi bingkai bawahnya terdapat beberapa lubang (port) yang mencakup port USB Type-C, lubang speaker grill, lubang audio jack, serta lubang mikrofon. Dan, di sisi bingkai atasnya terdapat lubang mikrofon yang tertanam di atas modul kamera selfie yang disembunyikan.

Kemudian, di sisi bingkai kanan ponsel ada tombol power dengan aksen garis berwarna hijau, dan di sisi bingkai kirinya tersedia slot kartu SIM (nano-SIM) yang dapat ditarik keluar, denganterlebih dahulu mencolokkan SIM ejector ke lubang di sebelahnya. Slot kartu SIM ini ditemani tombol volume atas dan bawah.

Selanjutnya, dari segi hardware, HP Oppo Reno versi reguler yang dipasarkan di Indonesia ditenagai oleh chipset Snapdragon 710, dipadukan dengan RAM 6 GB, serta memori internal 256 GB.

Kapasitas baterainya 3.765 mAh yang dilengkapi fitur pengisian daya cepat VOOC 3.0. Sedangkan, dari segi software, perangkat tersebut mengusung sistem operasi Android 9 Pie dengan balutan antarmuka ColorOS 6.0.

Oppo Reno 10x Zoom dilengkapi kamera utama beresolusi tinggi 48 MP, kamera bersudut lebar 120 derajat, dan untuk seri Oppo Reno 10x Zoom dibekali kamera telefoto dengan 10 x pembesaran.

Keunggulan Oppo Reno 10x Zoom

HP Oppo Reno 10x Zoom. Photo : Istimewa.

Bicara soal keungulan, HP Oppo Reno 10x Zoom hadir dengan tampilan desain fisik yang sangat menarik dan elegan. Hal itu dapat dilihat dari bodinya yang memiliki konsep sangat ideal dan futuristik.

Di bagian layar visualnya telah mengusung panel AMOLED dengan luas 6.6 inci yang siap menjamin tampilan visual yang tajam dan super jernih. Selain itu, Oppo Reno 10x Zoom juga memastikan bahwa ponsel ini mampu memberikan performa super gahar dan responsif.

Itu dibuktikan dengan dukungan chipset Snapdragon 855, Octa Core, serta RAM 6 GB/8 GB dan sudah OS Android Pie. Bukan itu saja, Oppo juga menerapkan teknologi dual kamera utama yang memiliki kemampuan zoom optik 10x.

Dalam hal ini, setiap lensa memiliki sensor 48 MP + 20 MP yang dibekali dengan kemampuan periscope camera 5x optical zoom dan TOF 3D Camera. Sehingga, untuk urusan fotografinya dijamin akan memberikan hasil yang begitu super jernih dan berkualitas tinggi.

Sedangkan, mengenai spesifikasi Oppo Reno 10x Zoom ini, dari sisi tampilan fisiknya, kali ini pihak Oppo menerapkan konsep desain kekinian dengan gaya flagship yang futuristik dan menawan.

Hal itu terlihat jelas dari bentik bodi fisiknya yang mempunyai ukuran 162 x 77.2 x 9.3 mm dengan memiliki bobot seberat 215 gram. Sehingga tak heran jika Oppo Reno 10x Zoom memiliki bentuk bodi yang ideal dan terlihat tampak ramping.

Dari sisi lainnya, ponsel pintar buatan sub-brand Oppo ini juga menerapkan layar seluas 6.6 inci dengan teknologi panel AMOLED. Dengan begitu bisa dipastikan HP Oppo Series veri Reno 10x Zoom ini sanggup menjamin kualitas visual yang lebih seimbang dan atraktif.

Terlebih resolusinya pun sudah berkemampuan Full HD+ 1080 x 2340 pixels yang mampu mempertajam visualisasi dengan memiliki kejernihan tampilan maksimal. Dengan begitu, maka sektor visual pada spesifikasi Oppo Reno 10x Zoom dipastikan bakal mampu memikat hati para konsumen.

Canggihnya Kamera Oppo Reno 10x Zoom

Optikal obyek kamera HP Oppo Reno versi 10x Zoom. Photo : Istimewa.

HP Oppo Reno versi 10x Zoom bakal menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2019 ini. Perangkat tersebut menawarkan beragam fitur keren yang kekinian dengan didukung kamera superior yang siap memanjakan para penggunanya.

Bahkan, versi 10x Zoom mampu melakukan pembesaran (optikal) obyek hingga 10 kali dengan kualitas bagus. Hal itu diakui oleh fotografer pro di Filipina, Magic Liwinag.

Fotografer yang sudah 12 tahun berkiprah itu menyatakan bahwa teknologi kamera smartphone kini telah mengalami perkembangan yang begitu jauh. Kehadiran Oppo Reno merupakan terobosan yang menurutnya patut diapresiasi.

Hal yang membuatnya kagum adalah kemampuan zoom kamera Oppo Reno dengan teknologi periscope. Jika sebelumnya pengguna kesulitan meringkus foto dari jarak jauh, kini solusinya ada di Oppo Reno 10x Zoom.

Menurut Magic Liwinag, pengguna tidak perlu lagi kesulitan zoom sesuatu yang kecil dari jarak jauh, bahkan detailnya pun ada. “Saya tidak bisa percaya smartphone telah berkembang seperti ini. Kalian tidak akan bisa melakukan itu dengan menggunakan kamera ponsel biasa,” katanya.

Sejumlah hasil foto yang diambil dengan menggunakan kamera milik Oppo Reno 10x Zoom dengan kondisi zoom maksimal tampak warna dan detail fotonya tetap terjaga.

Selain itu, mode Ultra Night Mode yang disertakan pada Oppo Reno juga mampu menjepret gambar malam dengan baik, meskipun dalam suasana sedikit cahaya, misalnya dalam meminimalisir noise. Daya tahan baterai juga menjadi salah satu yang mendukung kemampuan fotografi Oppo Reno.

Sedangkan, untuk fitur lainnya yaitu 60x digital zoom. Selain itu, HP Oppo Reno 10x Zoom memiliki kamera utama 48 MP dengan sensor IMX586. Sementara, untuk kamera keduanya wide angle 8 MP, dan kamera ketiganya mengusung sistem periscope 13 MP. (Eva/R3/HR-Online)