Harga Jual Ayam BR Anjlok, Para Pengusaha Ayam di Ciamis Merugi

Pengusaha ayam di Ciamis membagikan ayam secara cuma-cuma ke warga yang membutuhkan. Harga jual ayam BR saat ini turun drastis. Photo : Eli S/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Saat ini harga jual ayam BR anjlok. Para pengusaha ayam di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pun mengeluh karena mengalami kerugian.

Harga jual ayam BR yang mengalami penurunan itu yang dibeli langsung dari kandang. Jatuhnya harga daging ayam di pasaran membuat para pengusaha ayam terpaksa harus mengalami kerugian.

Mereka pun akhirnya membagi-bagikan ayam secara cuma-cuma kepada warga yang membutuhkan.

Saat ini harga jual ayam BR yang dibeli langsung dari kandang hanya Rp8.000 per kilogram, padahal saat Lebaran harganya mencapai Rp20.000 per kilogram.

Menurut Dodi (25), pengusaha ayam BR asal Dewasari, Ciamis, bahwa dengan anjloknya harga jual ayam BR dari kandang membuatnya harus merugi. Hal itu karena ayam miliknya tidak bisa dijual.

“Ayam tidak bisa dijual maka otomatis menyebabkan kerugian. Karena, jika ayam yang seharusnya sudah dilelang dan sampai sekarang masih ada di kandang, tentunya biaya juga menjadi betambah, khususnya untuk pakan,” ungkapnya, kepada HR Online, Kamis (27/06/2019).

Dodi juga mengatakan, anjloknya harga ayam akibat stock ayam saat ini sangat melimpah, sehingga para pengepul tidak bisa menerima ayam terlalu banyak karena harga jual yang cukup murah.

“Kini ayam yang berada di kandang di daerah Talagasari masih banyak yang belum terjual, dan akhirnya diberikan kepada warga untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Lanjut Dodi, jika ayam terus berada di kandang, tentu harus ada biaya tambahan untuk produksi pakan, sementara ayam tidak bisa di jual ke pasaran. Paling bisa juga dijual ke pedangan, tapi itu juga tidak banyak.

Dirinya berharap, bulan depan harga jual ayam BR kembali normal, sehingga pengusaha kecil seperti dirinya yang mengandalkan dari penjualan ayam bisa kembali meraup untung.

“Kalau sekarang, jangankan mendapatkan untung, untuk kembali modal sajah belum bisa,” ujar Dodi. (es/R3/HR-Online)

Loading...