HP Lemot Gara-gara Grup WhatsApp, Begini Solusinya

Grup WhatsApp
Ilustrasi aplikasi WhastApp. Foto: Screenshoot

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling populer dan paling banyak penggunanya saat ini. Bahkan, hampir setiap pengguna memiliki Grup WhatsApp lebih dari 2 hingga 3 group. Karena itu, terkadang smartphone kita menjadi lemot karena banyaknya aktivitas group tersebut lantaran seringnya berkirim foto, video, recorder, file hingga GIF.

Tak hanya grup WhatsApp, aktivitas perpesanan secara pribadi dengan pengguna lain juga berpotensi menguras memori dalam smartphone yang tidak kita sangka-sangka, apalagi bagi pengguna yang jarang mengecek secara berkala kondisi memori bakal bingung karena smartphonnya melambat.

Untuk mengetahui grup mana saja yang memakan memori dan kontak mana saja, HR Online memberikan beberapa langkah agar Anda bisa mengecek kondisi memori yang digunakan pada aplikasi yang akrab disebut WA ini.

Pertama, pilihlah opsi titik 3 pojok kanan atas dan pilih menu setting atau pengaturan.

Grup WhatsApp
Menu setting pada WhatsApp

Kedua, pilihlah Data and Storage Usage atau penggunaan data dan penyimpanan.

Ketiga, pilihlah Storage Usage atau penggunaan penyimpanan.

Jika sudah, tunggulah beberapa saat karena sistem akan menghitung dan mengurutkan jumlah memori yang digunakan sesuai jenisnya masing-masing, baik jenis foto, video, file, GIF, stiker, rekaman serta lainnya. Nantinya akan diurutkan mulai dari terbesar hingga paling kecil.

Keempat, apabila sudah terlihat, pilihlah kontak mana atau grup mana yang bakal dihapus data memorinya. Tentunya langkah ini agar ruang memori smartphone anda lebih lega.

Kelima, pilih kosongkan ruang agar Anda bisa memilih bagian mana saja yang bakal dihapus, misal khusus foto dan video saja atau yang lainnya juga.

Sebelum memutuskan dihapus, sebaiknya Anda backup atau salin dulu data yang penting ke komputer atau memori eksternal.

Sebetulnya, WhatsApp memiliki kemampuan untuk mencegah file terunduh secara otomatis. Hal ini memungkinkan pengguna bisa memilah dan memilih file mana saja yang akan dibuka dan disimpan dalam smartphone. Caranya pun cukup mudah, yakni anda tinggal pilih setting, lalu storage and storage usage, kemudian media auto-download dan hapuskan centang pada semua jenis file multimedia, baik saat menggunakan data seluler, menggunakan WiFi maupun saat roaming.

Demikian penjelasan agar HP anda tidak lemot gara-gara grup WhatsApp dan pesan pribadi karena penuh oleh memori dengan data yang tidak begitu penting. (Muhafid/R6/HR-Online)