HP Oppo Reno Z Resmi Dirilis, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

HP Oppo Reno Z Resmi Dirilis, Ini Kelebihan dan Kekurangannya. Photo : Istimewa.

Berita Teknologi (harapanrakyat.com),- HP Oppo Reno Z disebut-sebut menjadi versi termurah dari seri Oppo Reno. Sehingga tak heran jika smartphone ini bakal menjadi incaran konsumen.

Seperti diketahui sebelumnya, perusahaan asal China itu telah meluncurkan Oppo Reno, Reno 10X Zoom, dan Oppo Reno 5G. Kini, giliran HP Oppo Reno Z yang diluncurkan pertama kali di Eropa.

Perangkat tersebut diketahui juga akan diluncurkan di India dan China. Namun, belum ada informasi mengenai kapan masuknya smartphone tersebut di pasar Indonesia.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (15/06/2019), berikut ini ulasan mengenai spesifikasi berikut kelebihan dan kekurangan HP Oppo Reno Z ;

Spesifikasi dan Harga

Perangkat ini berbeda dengan varian standar Oppo Reno yang membawa kamera selfie pop-up side-swing, sedangkan Reno Z menyematkan desain notch (poni) waterdrop sebagai tempat kamera selfie.

Layarnya dibekali AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus 1080 x 2340 piksel dan rasio aspek 19,5 : 9. Smartphone ini ditenagai chipset MediaTek P90 yang disandingkan dengan RAM 6 GB.

HP Oppo Reno Z juga dibekali memori internal 128 GB yang dapat ditambah dengan memori eksternal melalui slot microSD. Untuk memenuhi kebutuhan selfie, di bagian depannya disematkan kamera dengan sensor sebesar 32 MP.

Sedangkan, pada bagian belakangnya terdapat dua sensor kamera ganda dengan kofigurasi sensor dari Sony IMX586 48 MP + 5 MP (depth sensor). Untuk daya baterainya berkapasitas 3.950 mAh yang dilengkapi fitur VOOC 3.0 flash charge 20 W.

Sementara itu, untuk fitur konektivitas yang ditawarkan Reno Z termasuk 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11ac, GPS,  Bluetooth 5.0, NFC, USB-C serta jack audio 3.5 mm.

Perangkat ini akan tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Jet Black dan Ocean Green, dan hanya tersedia dalam varian RAM 6 GB+memori internal 128 yang dibandrol dengan harga 150 Euro atau setara dengan Rp 2,4 jutaan.

Jika melihat dari spesifikasinya yang sudah membawa layar AMOLED + chipset MediaTek P90, ponsel ini diprediksi bakal menjadi lawan berat di kelas menengah.

Kelebihan HP Oppo Reno Z

HP Oppo Reno Z. Photo : Istimewa.

Kelebihan yang dimiliki Oppo Reno Z berada di bagian kameranya, terutama kamera selfie-nya yang memiliki resolusi cukup besar, yakni 32 MP, seperti halnya yang dulu pernah disematkan Oppo pada seri ‘Selfie Expert’. Karena memang vendor ponsel pintar ini jarang sekali mengecewakan konsumennya dari segi selfie kamera.

Kemudian, untuk kamera belakangnya yang hanya dibekali dual kamera saja, namun resolusi pada kamera ini patut kiranya diacungi jempol. Hal itu karena kameranya membawa resolusi sebesar 48 MP+5 MP. Jadi cukup kuat dan bisa diandalkan.

Dengan mengadopsi layar tipe AMOLED beresolusi Full HD Plus 1080 x 2340 pixel bisa memberikan tampilan yang lebih jernih dan cerah, juga memiliki ketajaman warna yang baik serta respon yang lebih cepat dibanding dengan yang menggunalan layar IPS LCD.

Dari segi performa, Reno Z memakai chipset tebaru dari Media Tek Helio P90 dan P70 yang beroperasi bersama bersama CPU Octa-core, serta GPU PowerVR GM9446 dan 6 GB RAM.

Sedangkan untuk OS-nya sendiri, HP Oppo Reno Z sudah didukung Android paling update, yakni Android 9.0 (Pie) dan ColorOS 6. Meski terlihat sepele, namun cukup berharga.

Oppo Reno Z juga dilengkapi fitur fingerprint under display yang canggih. Fitur ini sebenarnya lebih gampang diaplikasikan untuk membuka kunci smartphone dibanding fitur face unlock.

Selain itu, di bagian port USB, perangkat ini memiliki USB tipe C yang punya kecepatan serta kemudahan saat transfer data.

Kelebihan HP Oppo Reno Z yang tak kalah menggiurkan yaitu terdapat pada harganya yang bersahabat bagi kaum menengah, dimana ponsel pintar ini hanya dibanderol Rp 3 jutaan saja dengan kapasitas RAM 6 GB.

Kekurangan HP Oppo Reno Z

Walaupun punya kamera depan yang canggih, tapi untuk menempatkan kamera selfie-nya masih mengususng layar berponi waterdrop, yang kini mulai ditinggalkan oleh vendor smartphone lain.

Perangkat ini juga belum meng-upgrade desain layarnya menjadi full view dengan menyematkan kamera pop-up maupun dengan gaya punch-hole.

Selain itu, masalah baterai juga menjadi salah satu bagian penting yang menjadi perhatian, didukung dengan prosesor yang hebat. Tapi sayangnya Oppo Reno Z tidak mengunggulkan sisi baterai yang hanya memberikan kapasitas sebesar 3950 mAh.

Jadi, bagi yang hopi gaming maupun browsing dan membutuhkan smartphone yang tahan lama, sepertinya HP Oppo Reno z ini kurang cocok digunakan. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...