HUT Kabupaten Ciamis ke-377, Dinkes Gelar Khitanan Massal

HUT Kabupaten Ciamis ke-377, Dinkes Gelar Khitanan Massal. Photo : Eli Suherli/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Dalam rangka HUT Kabupaten Ciamis ke-377, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis menggelar khitanan massal yang diikuti sebanyak 116 orang anak, bertempat di halaman Pendopo Ciamis, Jawa Barat, Jum’at (14/06/2019).

Sekretaris Dinkes Kabupaten Ciamis, Rahmat, mengatakan, kegiatan khitanan massal ini rutin dilakukan pihaknya setiap peringatan HUT Kabupaten Ciamis, sehingga warga Ciamis yang memiliki anak laki-laki bisa mengikutsertakan anaknya dalam kegiatan tersebut.

“Setiap HUT Kabupaten Ciamis pasti kita adakan kegiatan khitanan massal bagi warga Ciamis yang ingin melakukan khitan anaknya. Kegiatan ini juga untuk mewujudkan keinginan warga Kabupaten Ciamis,” katanya, kepada HR Online, saat ditemui di sela-sela kegiatannya.

Kegiatan khitanan massal yang dibuka oleh Bupati Ciamis, H. Herdiat, dimulai sejak pukul 5 pagi. Warga yang sudah mendaftar dipersilahkan untuk langsung membawa anaknya ke tempat khitan, sesuai dengan nomer pendaftaran yang sudah disediakan panitia pelaksana.

Dalam khitanan massal ini, lanjut Rahmat, Dinkes menyediakan sekitar 20 meja yang digunakan sebagai tempat khitan, dengan masing-masing operator khitan sebanyak tiga orang. Sehingga, kegiatan khitanan massal bisa berjalan lancar.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Ciamis, Dr. Yoyo, menambahkan, dalam kegiatan ini pihaknya juga menyediakan tiga dokter spesialis, ditambah enam puluh petugas operator khitan yang ditempatkan di setiap meja khitan.

“Untuk panitia pelaksana kegiatan dilakukan oleh Dinas Kesehatan, dibantu pihak Pemkab Ciamis. Sedangkan, untuk operator khitan semunya dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia atau PPNI Kabupaten Ciamis,” terangnya. (es/R3/HR-Online)

Loading...