Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita CiamisJelang Lebaran 2019, Harga Petai di Kawali Ciamis Naik 300%

Jelang Lebaran 2019, Harga Petai di Kawali Ciamis Naik 300%

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– H-2 menjelang Hari Raya Idulfitri, harga jual petai di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, melambung tajam. Tak tanggung-tanggung, harga petai di Kawali Ciamis ini naik 300% dari harga Rp. 3 ribu per papan menjadi Rp. 12 ribu per papan, Senin (03/06/2019).   

“Akhir-akhir ini harga petai naik, hari biasa harganya cuma tiga ribu rupiah per papan, menjelang lebaran sekarang ini harganya sampai 12 ribu rupiah,” ujar Dedeh, salah seorang pembeli petai di Pasar Galuh, Kawali.

Dedeh mengaku tidak mengetahui penyebab pasti naiknya harga petai di Kawali Ciamis, namun Dedeh menduga kenaikan harga petai tersebut karena banyaknya permintaan.

“Pastinya tidak tahu kenapa bisa naik, namun bisa jadi karena banyaknya yang beli petai, banyak permintaan dari pembeli makanya jadi mahal,” kata Dedeh.

Hal senada diungkapkan Haris, konsumen petai lainnya di Pasar Galuh, Kawali. Haris mengatakan, kenaikan harga jual petai bisa dibilang tidak wajar karena kenaikannya mencapai 300%.

“Di saat banyaknya permintaan memang wajar ada kenaikan harga jual dan itu bisa dianggap wajar. Namun, bukan berarti para pedagang bisa semena-mena menaikkan harga seperti harga petai yang naiknya sampai 300%,” kata Haris.

Menurut Haris banyaknya permintaan pembeli terhadap petai jangan dijadikan alasan untuk menaikkan harga petai. “Jangan dijadikan aji mumpung, mentang-mentang petai banyak yang nyari kemudian malah dinaikkan dengan seenaknya,” ucapnya.

Sementara  Solihin, salah seorang bandar petai di Pasar Galuh Kawali mengatakan, harga jual petai memang ada kenaikan. Namun ,tidak seperti yang diceritakan para konsumen.

“Naiknya harga jual selain faktor dari sulitnya mendapatkan barang , juga ulah para pengecer yang sengaja menaikkannya, terlebih ketika mau lebaran seperti sekarang,” katanya. (Edji/R7/HR-Online)

- Advertisment -