Jembatan Cijauh Pangandaran Mulai Dibangun

Jembatan Cijauh
Pembangunan pondasi jembatan Cijauh yang berada di Dusun Cigangsa, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Jembatan Cijauh yang terletak di Dusun Cigangsa, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, yang ambruk beberapa bulan lalu kini sudah mulai dibangun kembali.

Diketahui, jembatan penghubung antara Dusun Cigangsa dan Dusun Cigorowek ini menjadi akses jalan satu-satunya penghubung dua dusun yang digunakan masyarakat setempat.

Kepala Desa Pangkalan, Ukar Heryadi, mengatakan, pembangunan jembatan Cijauh sedang dalam proses mengingat jembatan tersebut merupakan jalur satu-satunya. Bahkan, dalam pengerjaannya masyarakat sekitar juga ikut bergotong royong membantu pengerjaan jebatan tersebut.

“Jembatan dengan panjang 7 meter, lebar 4 meter dan tinggi 5 meter ini rencananya akan selesai dalam waktu 30 hari dengan anggaran sebesar 200 juta dari APBD,” ucapnya kepada Koran HR, Senin (24/06/2019).

Ukar pun mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemda yang telah memperhatikan jalur tersebut, meski sebetulnya adalah jalan desa.

“Meski ini akses jalan desa, namun roda perekonomian masyarakat sangat tetgantung kepada jembatan ini. Jika sekarang jembatan ini hanya bisa dilewati dengan kendaraan roda 2, Insya Allah untuk 40 hari ke depan bisa dilewati dengan kendaraan roda 4,” pungkasnya.

Muksin salah seorang warga, juga mengapresiasi perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat desa. Dengan pembangunan tersebut, ia harap perekonomian masyarakat bisa lebih lancar.

“Dengan dibangunnya jembatan ini secara permanen dipastikan akan memperlancar perekonomian masyarakat,” singkatnya. (Enceng/Koran HR)