Jika Teh Manis Bikin Gemuk, Coba 3 Minuman Sehat Ini untuk Menu Buka Puasa

Menu buka puasa
Air lemon, salah satu minuman sehat menyegarkan yang bisa jadi menu buka puasa. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),– Berbuka puasa dengan makanan manis nampaknya sudah menjadi kebiasaan muslim di Indonesia. Karena itu es teh atau es buah terkadang menjadi minuman wajib yang ada dalam menu buka puasa.

Seharian berpuasa menahan lapar dan haus menyebabkan badang terasa lemas karea kurangnya cairan tubuh. Apalagi jika cuaca panas, dehidrasi kadang tak bisa dihindari. Karena itu, kebanyakan orang berpuasa memulai berbuka dengan minuman segar seperti es teh. Padahal sering munum es teh manis bisa membuat berat badan naik.

Selain es teh ada sajian minuman segar yang bisa dimasukkan dalam menu buka puasa. Minuman ini cukup mudah dibuat, siapapun bisa membuatnya sendiri di rumah. Minuman ini juga sehat dan kaya akan manfaat, bahkan tidak membuat berat badan naik.

Berikut 3 minuman segar yang bisa jadi salah satu menu buka puasa menyehatkan yang tentunya tak membuat Anda gemuk:

Air Lemon

Lemon dikenal sebagai buah yang bisa menjadi detoks alami yang mampu membersihkan toksin di dalam tubuh. Anda cukup menyiapkan dua-tiga irisan lemon. Lalu taruh dalam botol air dan diamkan selama beberapa menit. Tak perlu campurkan gula, karena gula bisa membuat gula darah naik dan menyebabkan lemak berlebih di dalam tubuh.

Baca Juga: Diet Lemon, Cara Cepat Mengecilkan Perut dengan Mudah

Air lemon ini akan membantu membuat Anda tetap kenyang, karena itu selain bisa jadi menu buka puasa, bisa juga diminum saat sahur. Selain itu lemon juga dikenal sebagai anti oksidan, sehingga baik untuk kulit maupun untuk kesehatan pencernaan.

Air Mentimun

Mentimun kaya akan mineral penting dan kandungan antioksidan. Karena itu cocok dijadikan sebagai minuman segar menyehatkan untuk berbuka puasa. Untuk membuat air mentimun, Anda siapkan mentimun segar, lalu potong secara vertical jadi empat bagian. Masukkan semua potongan tersebut dalam segelas air, kemudian dinginkan.

Minuman dari mentimun ini memiliki kalori rendah. Hal ini bisa jadi salah satu cara alternatif berbuka dengan minuman sehat dibandingkan dengan minuman dingin lainnya yang biasa diminum ketika berbuka puasa. Selain itu, kelebihan mentimun bagus juga untuk kulit Anda.

Air Mint

Mint memiliki rasa yang segar. Anda bisa menggunakannya untuk membuat air detoks yang menyegarkan dan tentunya juga menyehatkan. Cara membuatnya cukup gampang. Ambil beberapa lembar daun mint dan celupkan ke dalam botol yang sudah diisi air.

Mint ini selain menyegarkan juga baik untuk pencernaan, kulit, maupun bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Mint juga sudah lama dikenal mampu membuat suasana hati jadi lebih baik, sama halnya seperti coklat. Bahkan menurut sejumlah penelitian mint sangat baik untuk mencegah bau mulut.

Nah itulah menu buka puasa menyehatkan, salah satunya minuman segar yang tak bikin Anda gemuk saat mengonsumsinya pada waktu buka puasa. Cara membuat minuman ini juga sangat mudah untuk dibikin. Selamat mencoba. (Ndu/R7/HR-Online)