Kampoeng Sawah Ciamis, Objek Wisata Keluarga yang Instagramble Buat Penggila Selfi

Objek wisata keluarga Kampoeng Sawah Ciamis
Objek wisata keluarga Kampoeng Sawah Ciamis, berada di Dusun Cigintung, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kampoeng Sawah Ciamis, objek wisata keluarga yang berada di Dusun Cigintung, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kini tengah ngehits di kalangan pencinta traveling terutama para penggila swafoto atau foto sefli. Objek wisata yang menawarkan keindahan taman bunga yang instagramble ini, kini mulai ramai didatangi pengunjung.

Awal berdirinya objek wisata Kampoeng Sawah Ciamis digagas sekaligus dikelola oleh BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) setempat. Dengan memanfaatkan areal persawahan tadah hujan milik pemerintahan desa, pengurus BUMDES Talagasari mencoba mewujudkan gagasannya. Objek wisata ini memiliki konsep wisata keluarga dengan menawarkan wahana taman bunga, gazebo, kolam ikan dan tempat bermain anak-anak.

Namun, objek wisata yang memiliki tujuan untuk mendongrak pendapatan desa ini belum sepenuhnya jadi. Masih banyak wahana bermain yang belum dibangun lantaran terbentur masalah dana. Objek wisata ini akan dibangun secara bertahap dengan dibantu dananya dari anggaran dana desa.

Meski begitu, objek wisata Kampoeng Sawah Ciamis sudah dibuka untuk umum dan ada beberapa fasilitas bermain yang sudah bisa dinikmati oleh pengunjung.

Objek wisata keluarga Kampoeng Sawah Ciamis

Ketua BUMDES Wahana Mukti Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Yuyu Kurnia melalui Enjang Sopyana, menjelaskan, obyek wisata Kampoeng Sawah Ciamis mulai dibangun pada bulan September tahun 2018. Setelah melewati proses pembangunan yang dilakukan selama 3 bulan lebih, akhirnya terwujud beberapa wahana bermain.

“Alhamdulilah dengan kerja keras seluruh pengurus BUDMES, akhirnya bisa membangun beberapa wahana bermain, terutama taman bunga yang merupakan icon dari objek wisata ini. Kemudian pada awal Januari 2019 lalu kami memberanikan diri untuk melakukan launching sekaligus tanda objek wisata ini sudah dibuka untuk umum,” katanya, saat ditemui HR Online, Jum’at (14/06/2019).

Enjang menjelaskan, untuk membangun objek wisata ini, pihaknya baru mengeluarkan dana sebesar Rp. 110 juta. Sebagian anggaran atau sebesar Rp. 45 juta diperoleh dari dana penyertaan modal BUMDES atau bersumber dari bantuan dana desa.

“Sementara sisanya diperoleh dari pihak ketiga dan secara bertahap dari mulai Januari kami menggunakan uang pendapatan karcis untuk melengkapi fasiltas. Total pengeluaran sebesar Rp. 110 juta itu sampai saat ini,” ujarnya.

Enjang mengatakan, pihaknya kini belum berorientasi mencari keuntungan dari objek wisata tersebut. Sebab, hasil pendapatan dari objek wisata akan terus digulirkan untuk melengkapi wahana bermain yang belum dibangun.

“Makanya jangan heran kalau uang Rp. 110 juta bisa cukup digunakan untuk membangun objek wisata dengan kondisi seperti ini. Karena kesepakatan dari seluruh pengurus BUMDES dan atas persetujuan dari pemerintah desa, berapapun uang yang didapat dari karcis sepenuhnya untuk pengembangan objek wisata,” ungkapnya.

Enjang menegaskan untuk beberapa tahun kedepan pihaknya akan terus fokus melakukan pengembangan hingga objek wisata ini benar-benar lengkap fasilitasnya. “Dari hasil kerja keras semua orang yang terlibat dalam projek ini, Alhamdulilah sudah dibangun beberapa wahana tambahan, seperti mempercantik taman bunga, gazebo dan tempat karaoke,” ujarnya.

Enjang pun bersyukur objek wisata Kampoeng Sawah Ciamis sejak dibuka untuk umum langsung mendapat respons positif dari wisatawan. Bahkan, rata-rata pendapatan dari tiket masuk per harinya sudah lebih dari Rp. 1 juta.

“Apalagi saat kemarin libur lebaran, banyak pengunjung yang datang. Kami berharap semua rencana mengenai pengembangan objek wisata ini bisa berjalan mulus dan menjadikan Kampoeng Sawah nantinya sebagai destinasi wisata unggulan di Kabupaten Ciamis,” harapnya.

Menurut Enjang, wisatawan yang datang ke Kampoeng Sawah tidak hanya dari wisatawan lokal Ciamis, tetapi banyak juga wisatawan dari luar kota, seperti Bogor, Garut, Tasik, Banjar dan daerah Jawa Tengah. “Mungkin karena objek wisata ini pernah viral di medsos, jadi warga luar kota penasaran ingin berkunjung ke tempat ini,” ujarnya.

Objek wisata keluarga Kampoeng Sawah Ciamis

Di Kampoeng Sawah Akan Dibangun Waterboom

Selain taman bunga, di objek wisata Kampoeng Sawah Ciamis pun rencananya akan dibangun wahana air waterboom dan flaying fox. Dua wahana itu nantinya sebagai fasilitas unggulan guna menarik lebih banyak wisatawan.

Enjang mengatakan, konsep objek wisata Kampoeng Sawah seratus persen sebagai destinasi wisata keluarga. Karenanya, dalam pengembangan objek wisata ini, akan lebih difokuskan pada arena bermain.

“Tapi untuk pembangunan waterboom dan flaying Fox akan dibangun secara bertahap. Kami pun belum bisa memastikan kapan bisa terwujud. Hanya saja, dari pihak desa akan terus memberikan bantuan dana untuk mempercepat proses pembangunan objek wisata ini. Selain itu, kami dari pihak BUMDES pun akan terus berusaha untuk menuntaskan seluruh fasilitas yang sudah direncanakan,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung asal Ciamis, Deni, mengatakan, dirinya bersama keluarga sengaja datang ke objek wisata ini. Menurutnya, objek wisata Kampoeng Sawah yang terdapat taman bunga, sangat cocok untuk berfoto selfi.

“Objek wisata Kampung Sawah Ciamis pun sangat cocok untuk melepas lelah, karena lokasinya berada di alam pedesaan yang masih sejuk. Di samping itu, harga karcisnya pun murah hanya Rp. 5 ribu per orang. Bisa dikatakan tempat ini sebagai sarana rekreasi rakyat, karena bisa terjangkau oleh semua lapisan masyarakat,” pungkasnya. (Edji/R2/HR-Online)

Loading...