Kawali-Bandung 2 Hari 2 Malam, Pengusaha Angkutan di Ciamis Cemas

waktu tempuh Kawali-Bandung
Angkutan Andalas jurusan Kawali Bandung. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Jalanan macet menimbulkan kecemasan tersendiri bagi pengusaha angkutan Andalas di Kawali, Kabupaten Ciamis. Pasalnya jarak tempuh Kawali-Bandung Pulang Pergi (PP) menghabiskan waktu hingga dua hari dua malam.

“Dalam keadaan normal, waktu tempuh Kawali-Bandung, PP itu cuma sekitar 8 jam. Sedangkan dalam kondisi macet seperti sekarang sampai dua hari dua malam,” ujar Nono Darsono, salah satu pengurus dari Perusahaan Angkutan Umum Andalas, Jum’at (7/6/2019).

Dari 30 armada yang diberangkatkan, kata Nono, baru 8 unit saja yang sudah datang ke garasi. Karena tidak terbiasa Nono mengaku cemas dan khawatir.

“kalau iya Cuma macet saja, kalau terjadi hal-hal yang tidak diharapkan seperti kecelakaan, karena itu kita selalu dihantui rasa cemas dan khawatir kalau angkutan belum masuk garasi,” terangnya.

Sementara Dodo, petugas satpam mengatakan, faktor penyebab terjadinya kemacetan diduga karena para pemudik banyak yang menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga otomatis jumlah kendaraan meningkat dan menimbulkan kemacetan.  Hal inilah yang menurut Dodo membuat waktu tempuh bertambah.

“Masih beruntung kalau lama waktu tempuh juga disertai lonjakan penumpang. Sementara yang saya lihat dan ketahui justru hampir setiap pengemudi mengeluh karena sepinya penumpang,” katanya.

Menurut Dodo, banyak pengemudi berharap bisa mendapatkan penumpang yang banyak sehingga hasil setoran pun bisa naik saat lebaran seperti ini. Namun, pada kenyataannya penumpang justru sedikit, sementara waktu tempuh pulang pergi Kawali-Bandung dan sebaliknya justru jadi lama.

“Setiap pengemudi pasti berharap dapat uang banyak saat lebaran saat ini, namun yang terjadi sebaliknya. Penumpang sepi, di jalan juga lama,” ucapnya. (Edji/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA