Xiaomi Mi CC9 Diluncurkan Awal Juli, Ini Bocoran Spesifikasi dan Harganya

Xiaomi Mi CC9 Diluncurkan Awal Juli, Ini Bocoran Spesifikasi dan Harganya. Photo : Istimewa.

Berita Teknologi (harapanrakyat.com),- Xiaomi Mi CC9 dalam waktu dekat ini akan segera diluncurkan. Sejumlah bocoran mengenai spesifikasi dan harga pun sudah banyak beredar.

Ponsel hasil kolaborasi antara Xiaomi dengan Meitu itu disebut bakal dibekali kamera utama 48 MP. Di Tiongkok dan sekitarnya, Meitu merupakan perusahaan pembesut software edit foto yang populer.

Menurut poster yang diunggah oleh Xiaomi, rencananya perangkat ini akan dirilis di Beijing pada tanggal 2 Juli 2019, pukul 7 malam.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Rabu (26/06/2019), sang pabrikan pun resmi mengonfirmasi kabar tersebut melalui sebuah poster yang disebar ke situs Weibo, dan Xiaomi membeberkan bahwa Mi CC9 akan dibekali kamera selfie 32 MP, sedangkan untuk kamera utamanya 48 MP.

Sekedar informasi, Mi CC series dikembangkan tim Chic & Cool 90. Setelah sebelumnya Mi dan Redmi, kini Xiaomi seri CC bakal menjadi brand ketiga dari Xiaomi. Sedangkan, penambahan angka 9 di belakangnya merujuk pada usia perusahaan asal Tiongkok tersebut.

Namun, tak seperti smartphone lainnya, Xiaomi seri CC ini dirancang oleh anak-anak jurusan desain dan rencananya bakal menyasar kalangan anak muda. Bahkan, sejumlah laporan menyebutkan bahwa Xiaomi secara khusus akan menyasar pada pengguna perempuan.

Ada dua poster yang diunggah Xiaomi, salah satunya menampilkan kamera selfie yang diberi keterangan bahwa kamera depan Xiaomi 32 MP. Sedangkan, poster lain yang dibagikan menampilkan 9 figur perempuan yang disebut Xiaomi itu adalah pegawai internalnya.

Namun, melihat dari poster kedua seolah memperkuat indikasi kalau Xiaomi Mi CC9 bakal menyasar milenial, terutama para wanita muda yang gemar berfoto selfie.

Dalam unggahannya itu disebutkan bahwa Xiaomi Mi CC9 mampu memperbaiki tekstur kulit alami pada hasil jepretan. Hal ini menegaskan spekulasi sebelumnya yang menyebutkan bahwa Mi CC9 akan fokus pada fitur kamera.

Selain hardware, untuk menangkap swafoto yang lebih impresif, Mi CC9 juga dibekali software berupa algoritma imaging hasil kerjasama antara Xiaomi dengan Meitu yang berbasisi AI pada kamera depannya.

Kemampuan Fotografi

Fitur AI Xiaomi Mi CC9. Photo : Istimewa.

Xiaomi Mi CC9 juga dibekali tiga kamera belakang yang susunan konfigurasinya adalah 48 MP kamera utama, 16 MP wide-angle serta kamera 12 MP.

Ada pula yang menduga kalau susunan konfigurasinya terdiri dari kamera utama 48 MP,  8 MP lensa wide, serta 5 MP depth sensor. Sementara untuk kamera depannya beresolusi 32 MP.

Jadi, tidak mengherankan apabila Xiaomi Mi CC9 nantinya memiliki lebih banyak filter kecantikan dan fitur AI. Hal ini untuk memberikan pengalaman fotografi yang lebih baik bagi penggunanya.

Rumor Spesifikasi Lainnya dan Harga

Spesifikasi Xiaomi Mi CC9. Photo : Istimewa.

Meski Xiaomi sendiri masih menyimpan rapat untuk spesifikasi lainnya, tetapi banyak rumor yang menyebutkan kalau Mi CC9 akan memiliki layar 6,2 inci panel AMOLED, dilengkapi sensor pemindai sidik jari di dalam layar.

Untuk prosesornya akan mengandalkan Snapdragon 730 dengan RAM 8 GB serta memori internal 256 GB. Memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh yang didukung dengan pengisian daya 27W. Selain itu, perangkat ini hadir menggunakan OS Android 9 Pie yang dikustom dengan MIUI 10 untuk Mi CC.

Kemungkinan bakal ada Mi CC9 versi murah yang konon bernama Mi CC9e. Perangkat ini akan dibekali layar lebih kecil, yakni 5,97 inci, dan prosesornya sedikit lebih rendah, yaitu Snapadragon 710. Kapasitas baterainya 3.500 mAh, didukung pengisian daya cepat 18W.

Berbicara mengenai harga, memang belum ada informasi mengenai hal itu. Namun, Xiaomi Mi CC9 diperkirakan akan dijual 2.599 Yuan atau setara dengan Rp 5,3 jutaan, dan untuk versi murahnya, yaitu Mi CC9e akan dibandrol harga 1.599 Yuan atau setara Rp 3,2 jutaan.

Kebenaran spekulasi tersebut di atas baru dapat dibuktikan pada saat peluncuranan resmi tanggal 2 Juli mendatang di China. (Eva/R3/HR-Online)