Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisKendarai Motor Tanpa Lampu, Pengendara di Ciamis Ini Tertabrak dan Luka Parah

Kendarai Motor Tanpa Lampu, Pengendara di Ciamis Ini Tertabrak dan Luka Parah

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Gara-gara mengendarai motor yang tidak memiliki lampu pada malam hari, Anyang, tertabrak bis tiga perempat. Akibatnya pengendara motor di Ciamis yang merupakan warga Dusun Kiaralawang, Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali ini mengalami luka parah, sehingga harus dibawa ke RSUD Ciamis, Jum’at (21/6/2019) malam.

Dadang, salah seorang saksi mata di tempat kejadian, mengatakan, motor yang dikendarai Anyang tidak memiliki lampu penerang.

“Motornya tidak ada lampunya, tidak tahu apakah masih berfungsi tapi dicopot ataukah memang sudah tidak ada, saya tidak tahu pastinya, namun di motornya sama sekali tidak terlihat ada lampu,” kata Dadang.

Dadang menuturkan, kecelakaan lalu lintas yang menimpa Anyang, berawal saat dirinya akan berbelok dan masuk ke jalan Perhutani. Karena suasana gelap pada malam hari, pengemudi bis yang datang dari arah berlawanan tidak bisa melihat sepeda motor yang dikendarai Anyang.

“Suasana jalan gelap ditambah korban juga motornya tidak ada lampunya, jadi supir bis tidak bisa melihat ada motor di depannya, sampai akhirnya korban tertabrak,” terang Dadang.

Bis yang menabrak korban sudah dibawa ke Mapolsek Kawali, sementara Anyang dilarikan ke RSUD Ciamis. “Lukanya memang parah sehingga harus dibawa ke RSUD Ciamis,” katanya.

Lebih lanjut Dadang menerangkan, kecelakaan yang menimpa Anyang bukan semata-mata karena adanya human error, namun kondisi kendaraan yang tidak memiliki lampu, juga jadi salah satu penyebab kecelakaan tersebut.

“Kalau saya kan, kalau mau berkendara apalagi pada malam hari, ya memperhatikan kelengkapan kendaraan bermotor, apakah masih berfungsi baik atau tidak? Misal lampu motor, apakah masih menyala atau tidak?” katanya.

Dadang menjelaskan, jika ada lampu kendaraan yang rusak atau mati, hal itu bisa memicu terjadinya kecelakaan. “Seperti yang terjadi pada Jum’at (22/6/2019) malam ini, gara gara lampu motor tidak ada, seorang pengendara di Ciamis tertabrak hingga harus dibawa ke RSUD,” kata Dadang.

Dadang juga menyarankan para pengendara sepeda motor agar selalu memperhatikan perlengkapan kendaraan, seperti halnya lampu.

“Kalau diketahui rusak atau mati segeralah diganti. Sebab, lampu sangat penting bagi pengendara terutama di waktu malam,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)