Libur Lebaran 2019, Perahu Siar di Pangandaran Raup Untung Jutaan Rupiah

perahu siar di Pangandaran
Salah satu perahu siar di Pantai Barat Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Libur lebaran 2019 membawa berkah tersediri bagi para pelaku usaha yang mengais rezeki di Obyek Wisata Pantai Pangandaran. Salah satunya adalah mereka yang berkecimpung dalam penyediaan jasa perahu siar di Pantai Barat Pangandaran. Jutaan rupiah diraup pelaku usaha yang menyediakan perahu siar di Pangandaran.

“Sejak hari pertama libur lebaran, jasa angkutan perahu siar mengalami peningkatan, Alhamdulillah liburan kali ini ada peningkatan dibanding tahun lalu,” ujar Engkus Kusmana yang biasa dipanggil Gondrong, salah satu penyedia angkutan perahu siar di Pangandaran kepada HR Online, Jum’at (7/6/2019).

Menurut Gondrong, dalam satu hari, selama libur lebaran 2019 rata-rata dirinya mampu membawa penumpang 15 kali bolak-balik. Rutenya dari Pantai Barat Pangandaran menuju Pasir Putih dan sebaliknya.

“Dalam satu kali berangkat ongkos perahu sebesar 300 ribu rupiah pulang pergi, jika dirata-ratakan total pendapatan per hari bisa mencapai 4,5 juta rupiah,” terang Gondrong.   

Dari data yang diperoleh HR Online, di kawasan Obyek Wisata Pantai Barat Pangandaran sendiri sedikitnya terdapat 100 perahu siar yang siap memanjakan wisatawan yang hendak menyeberang ke Pasir Putih Cagar Alam Pangandaran. Wisatawan dapat menikmati panorama alam sekitar pasir putih termasuk panorama bawah laut di Pasir Putih Pangandaran.

Sementara pada pemberitaan sebelumnya tercatat 15.000 pemotor memasuki kawasan wisata Pantai Pangandaran pada Hari ke-3 libur lebaran 2019.

Pantauan HR Online di lapangan, petugas tiket di pintu masuk tolgate Pangandaran tampak sibuk melayani ribuan pengunjung yang mengantri mendapatkan tiket. Sementara itu, antrian di sekitar pintu masuk juga cukup panjang jika dibanding hari biasa.

Baca Juga: 15.000 Pemotor Banjiri Kawasan Wisata Pantai Pangandaran

Bukan hanya itu, banyaknya pengunjung kawasan wisata Pangandaran pada libur lebaran tahun 2019, arus lalu lintas di sepanjang jalur menuju daerah di ujung timur Jawa Barat ini pun mengalami peningkatan, jalur ke Kabupaten Pangandaran sempat mengalami kemacetan cukup panjang hingga 10 kilometer, Jum’at (07/06/2019).

Pantauan HR Online di lapangan, sejak Jum’at pagi volume kendaraan mengalami peningkatan cukup drastis, bahkan kendaraan yang berasal dari arah Ciamis dan Banjar mengalami macet di simpang tiga Kalipucang. Kemacetan tersebut lantaran banyaknya pengendara yang berasal dari Jawa Tengah dan bertemu di lokasi tersebut.(Entang/R7/HR-Online)