Gara-gara Kera Kesetrum Sampai Mati, Listrik Padam di Ciamis

listrik padam di Ciamis
Kera yang kesetrum di Taman Lokasana, Ciamis. Akibat ulah kera yang bergelantungan di kabel jaringan listrik, listrik padam sejak Rabu pagi (12/6/2019). Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Listrik padam di sejumlah wilayah perkotaan Ciamis. Sejumlah warga menuturkan listrik padam di Ciamis sejak Rabu (12/6/2019).

Direktur PLN ULP Ciamis, Eman menyampaikan, padamnya listrik di wilayah perkotaan Ciamis akibat kabel listrik putus karena ada kera yang kesetrum di Taman Lokasana, Ciamis. Akibatnya terjadi korsleting dan jaringan listrik pun terputus.

“Kera bergelantungan di atas kabel jaringan listrik, akibatnya kabel putus. Keranya kesetrum sehingga jaringan listrik juga terputus,” ujar Eman saat dikonfirmasi HR Online terkait listrik padam di Ciamis, Rabu (12/6/2019).

Lebih lanjut Eman mengatakan pihaknya sedang melakukan perbaikan. Dirinya menjamin listrik akan normal kembali secepatnya.

“Kami, PLN sedang dalam tahaf perbaikan dan sebentar lagi listrik akan normal kembali,” pungkasnya.

Listrik Padam di Ciamis Dikeluhkan Pelaku Usaha

Sementara itu, sejumlah pelanggan PLN di wilayah perkotaan Kabupaten Ciamis mempertanyakan pemadaman listrik yang dilakukan secara sepihak.

Para pelanggan PLN tersebut mengeluh karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Padahal biasanya pihak PLN selalu memberi pengumuman setiap kali akan ada pemadaman disertai alasan pemadaman listrik.

“Sejak pagi sampai pukul 11.00 WIB siang listrik padam. Sampai saat ini tidak ada pemberitahuan mengenai kenapa listrik tidak menyala,” ucap Rudiat, salah satu pedagang di wilayah perkotaan Ciamis.  

Rudiat mengungkapkan dengan adanya pemadaman listrik, usaha dagangnya tidak berjalan dan sangat mengganggu iklim usaha. Aktivitas jual belipun terganggu, karena listrik sangat dibutuhkan. Misalnya Rudiat menyebut, dalam pembuatan jus yang buah-buahannya harus diblender dan memerlukan listrik . 

“PLN ULP Ciamis tidak ada pemberitahuan mengenai alasan listrik dipadamkan, padahal sekarang bertepatan dengan Hari Jadi Ciamis ke-377, banyak aktifitas yang harus dilakukan,” ujarnya.

Hal sama disampaikan Yusi, salah seorang pengusaha percetakan di Ciamis. Yusi mengeluh karena pemadaman listrik tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Menurutnya, listrik tidak menyala hingga pukul 11.00 WIB.

“Listrik padam tidak ada pemberitahuan sampai saat ini, kenapa listrik mati,” tuturnya.

Yusi mengatakan akibat listrik padam di Ciamis. Usaha percetakannya terganggu dan terhambat terutama saat harus mencetak banner yang sudah dipesan dan ditunggu oleh pelanggan. 

“Bagaimana mau nyetak? Listriknya mati sehingga mesin tidak jalan,” terang Yusi . 

Yusi berharap PLN Ciamis memberitahukan jika ada pemadaman listrik secara mendadak. “Setidaknya diberitahu alasan kenapa ada pemadaman, apa ada gangguan atau apa,” katanya. (Fahmi/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA