Makanan Khas Ciamis yang Harus Dicicipi para Pelancong

makanan khas Ciamis
Beragam makanan khas Ciamis yang wajib dicicipi para pelancong. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Ciamis memiliki beragam makanan unik yang wajib dicicipi oleh para pelancong. Begitupun bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh, beberapa makanan khas Ciamis berikut bisa dibawa untuk buah tangan bagi keluarga Anda.

Apalagi untuk Anda yang mudik ke Ciamis atau kebetulan melintas di Ciamis, Anda bisa berhenti sejenak untuk berburu makanan yang hanya bisa Anda dapatkan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Berikut makanan khas Ciamis yang wajib dicicipi oleh para pelancong:

Galendo

Galendo berasal dari ampas minyak goreng kelapa yang diolah kembali menjadi cemilan. Keberadaan galendo sebagai salah satu makanan khas Ciamis ini tak lepas dari sejarah Ciamis yang pernah dikenal sebagai pusat produksi minyak goreng kelapa.

Galendo

Konon Ciamis pernah memiliki pabrik pengolahan minyak goreng kelapa terbesar se-Priangan Timur. Salah satu peninggalan sejarah yang bisa membuktikan hal tersebut adalah bangunan tua Gwan Hien yang merupakan bekas pabrik minyak kelapa pada masa penjajahan Belanda.

Gwan Hien terletak di Jalan Ahmad Yani, Kertasari, Ciamis, lokasinya sebelum Pesantren Al Hasan. Kini sebagian bangunannya telah diubah menjadi tempat pencucian mobil dan motor. Walau begitu bangunan bekas pabrik ini masih berdiri kokoh.

Dari keberadaan pabrik minyak goreng kelapa itulah galendo berasal. Jika pada masa lalu galendo dianggap makanan kampung, namun sekarang galendo telah diolah sedemikian rupa hingga jadi cemilan yang banyak dirindukan orang-orang yang pernah mencicipinya.

Galendo pada masa sekarang mulai diolah dengan berbagai rasa, seperti rasa strawberry, coklat, melon dan rasa lainnya. Namun, Anda juga masih bisa mendapatkan galendo dengan rasa original. Anda bisa mendapatkan galendo ini di berbagai pusat oleh-oleh di Ciamis.

Tengteng Khas Ciamis

Tengteng khas Ciamis merupakan makanan berbahan dasar beras. Beras yang dijadikan untuk tengteng berasal dari beras pilihan. Beras ini kemudian diolah dengan jeruk nipis dan gula. Setelah dimasak, tenteng kemudian dipotong kecil-kecil.

makanan khas Ciamis
Tenteng khas Ciamis

Bagi Anda pecinta makanan manis, tenteng cocok disajikan bersama teh manis untuk menemani waktu luang Anda. Bisa juga dihidangkan untuk suguhan pada tamu atau dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Tengteng khas Ciamis ini masuk dalam top ten kuliner Ciamis yang direkomendasikan oleh Kemenpar sebagai salah satu bagian dari pesona mudik 2019.

Kue Saroja

Saroja merupakan cemilan yang berbentuk mirip bunga seroja. Rasanya asin dan gurih. Jika di Betawi, makanan ini biasa disebut kembang goyang. Walaupun saroja banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, namun Anda perlu mencoba kue saroja khas Ciamis ini. Kelebihannya ada pada rasa gurih yang khas yang tidak bisa ditemukan pada saroja di tempat lain.

makanan khas Ciamis
Kue Saroja

Pada masa lebaran, pengrajin saroja di Ciamis kebanjiran pesanan. Pesanan yang datang bukan hanya berasal dari Ciamis, namun juga dari berbagai kota lain. Hal ini membuktikan saroja Ciamis banyak dicari karena keotentikan rasanya.

Seperti halnya tengteng dan galendo, Kue Saroja juga masuk ke dalam top ten kuliner Ciamis yang direkomendasikan Kemenpar melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis dan jadi bagian pesona mudik 2019.

Colok Gembrung

Cemilan yang satu ini terbuat dari kulit yang diolah dengan bumbu galendo. Rasanya yang gurih membuat makanan khas Ciamis yang satu ini banyak dicari oleh berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Anda bisa menemukan cemilan ini di Pasar Manis Ciamis. Ada juga yang menjualnya di pasar dadakan Taman BMX Cigembor Ciamis setiap Minggu pagi.

Makanan khas Ciamis
Colok Gembrung

Colok gembrung berasal dari bahasa Sunda ‘colok’ yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘tusuk’, sedangkan ‘gembrung’ diasosiasikan dengan suara bebunyian yang keluar dari kulit beduk. Kulit yang telah dimasak dan dibumbui dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan lidi, karena itulah konon makanan khas Ciamis yang satu ini dinamakan colok gembrung.

Satu hal yang istimewa dari cemilan yang satu ini adalah bumbunya yang berasal dari galendo. Galendo sendiri merupakan salah satu kuliner khas Ciamis. Semakin banyak bumbu galendonya, maka semakin enak colok gembrungnya. Karena itu tak heran jika sering ada yang meminta agar bumbu galendo pada colok gembrung ini ditambah.

Baca Juga: Manuk Londo Khas Ciamis, Kuliner Hits untuk Buka Puasa

Itulah makanan khas Ciamis yang wajib dicicipi para pelancong. Bagi Anda yang mudik ke Ciamis dan akan kembali ke perantauan, tidak ada salahnya memilih cemilan di atas sebagai oleh-oleh. Begitupun bagi Anda yang kebetulan melintas di Ciamis, cemilan-cemilan di atas wajib Anda cari. (Ndu/R7/HR-Online)