Meriahnya Acara Pelepasan dan Pentas Seni Murid PAUD se-Ranting Balokang Banjar

Pelepasan dan pentas seni siswa-siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Ranting Balokang, Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, digelar meriah di Aula Desa Balokang, Rabu (19/06/2019). Photo : Eva/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Pelepasan dan pentas seni siswa-siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Ranting Balokang, Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, digelar meriah di Aula Desa Balokang, Rabu (19/06/2019).

Acara pelepasan dan pentas seni tersebut merupakan acara perdana setelah 12 tahun Lembaga PAUD yang ada di wilayah Ranting Balokang menyelenggarakan acara pelepasan siswa-siswinya di masing-masing lembaga.

Ketua PAUD Ranting Balokang, yang juga Ketua PAUD Pelangi dan Ketua Gugus VI Kecamatan Banjar, Dede Rohibah, mengatakan, Ranting Balokang terdiri dari 8 lembaga PAUD yang tersebar di 7 dusun se-Desa Balokang.

“Delapan lembaga PAUD itu meliputi PAUD Pelangi sebagai PAUD inti di Dusun Parung, PAUD Nurussalam di Dusun Cibeureum, PAUD Kenanga Wangi di Gardu, PAUD Dahlian di Ciaren, PAUD Teratai di Karangpucung, PAUD Cempaka Putih di Karangtengah, PAUD Melati di Dusun Balokang, dan PAUD Irhas di Dusun Karangpucung,” terangnya, kepada HR Online.

Dede menjelaskan, semua lembaga PAUD tersebut masih SPS (Satuan PAUD Sejenis), yakni lembaga yang menyelenggarakan pendidikan di luar Taman Kanak Kanak, karena belum ada Kelompok Bermain (Kober) yang merupakan salah satu layanan dalam satuan atau program PAUD.

Digelarnya acara pelepasan dan pentas seni murid PAUD se-Ranting Balokang yang bertema “Terbanglah tinggi untuk meraih prestasi, Teruslah berkarya untuk agama dan bangsa, Mandiri dan cemerlang dengan prestasi” itu tujuannya untuk menjalin silaturahmi antar Tutor PAUD.

Selain itu, Dede juga berharap ada daya ungkit pendidikan dari usia dini sebagai aset daerah, khususnya Desa Balokang. Harapan Ranting Balokang ke depan, lembaga PAUD berkarya lebih kuat lagi, Tutor PAUD juga lebih meningkat lagi untuk SDM-nya maupun prestasinya

“Dan alhamdulillah, masing-masing Tutor memiliki kelebihan. Mudah-mudahan ke depan juga ada donatur yang menghibahkan tanahnya untuk bangunan PAUD, karena masih ada PAUD yang menggunakan bangunan Posyandu, jadi belum semuanya memiliki bangunan sendiri,” tuturnya.

Dede menambahkan, acara yang digelar meriah ini murni didanai hasil swadaya dari masing-masing lembaga PAUD se-Ranting Balokang, tanpa ada campur tangan pihak lain, termasuk para orang tua siswa. (Eva/R3/HR-Online)