Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruMengulas Nokia 3.2 Berikut Harganya

Mengulas Nokia 3.2 Berikut Harganya

Berita Teknologi (harapanrakyat.com),- Nama Nokia biasanya dikaitkan dengan telepon zaman dulu, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, dihidupkan kembali di bawah HMD Global. Salah satu produk yang belum lama ini muncul yakni Nokia 3.2.

Smartphone yang dirilis Februari 2019 ini masuk dalam kelas menengah dan murah. Dan berbarengan diluncurkan bersamaan dengan Nokia 4.2 di MWC 2019 

Perangkat ini dibangun berdasarkan desain dan fitur dair pendahulunya, Nokia 3.1, dengan beberapa peningkatan agar tetap kompetitif di pasar ponsel modern.

Akan tetapi, sampai saat ini ponsel Nokia yang baru hadir di Tanah Air adalah seri 4.2. Sementara untuk Nokia 3.2 belum singgah ke Indonesia.

Namun jika Anda penasaran seperti apa spesifikasinya, berikut ini ulasan spesifikasi dari Nokia 3.2, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Ponsel berslogan “View More, Do More” ini bakal menjadi pesaing HP di kelasnya. Pasalnya, Nokia 3.2 memiliki daya tarik yaitu pada layar yang mempunyai ukuran lebar 6.25 inci HD +.

Layarnya tersebut berpanel IPS LCD beresolusi 720 x 1520 piksel dan memiliki aspek rasio 19:9. Selain lebar, layarnya juga jernih dan tajam sehingga nyaman meski dipakai di luar maupun dalam ruangan.

Smartphone penerus Nokia 3.1 ini juga mempunyai bentuk tampilan yang kekinian, dengan menghadirkan notch atau poni seperti tetesan air (waterdrop).

Berbeda dengan ponsel sebelumnya di mana branding Nokia berada di sudut kanan atas, fitur 3.2 itu pada bezel bawah yang lebih tebal. 

Sementara untuk menjaga agar bezel bagian atas tetap kecil, Nokia menggunakan gaya notch waterdrop yang menampung kamera depan.

Dimensi secara keseluruhan 159.44 x 76.24 x 8.60 mm, dengan berat hanya 181 gram jadi nyaman dibawa ke mana-mana, dan memiliki desain unibody polikarbonat yang lebih mulus.

Sementara untuk performanya lumayan bagus. Dapur pacu Nokia 3.2 dipersenjatai chipset Qualcomm SDM429 Snapdragon 429 dengan CPU Quad-core 1.8 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 504.

Otaknya tersebut didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB serta 3 GB, sedangkan penyimpanan internal juga ada dua pilihan yakni 16 GB dan 32 GB.

Smartphone entry-level baru Nokia ini memang tidak mengandalkan sisi kameranya, hal itu terlihat dari kamera utama yang hanya satu dan itu juga beresolusi 13 MP dengan bukaan f/2.2.

Namun, untuk mendukung supaya hasil jepretan bisa bagus meski cahaya yang minim, maka Nokia 3.2 juga dibekali LED Flash. Sedangkan untuk kamera depannya ditanamkan lensa 5 MP dengan bukaan f/2.2.

Tapi, yang menjadi keunggulan dari Nokia seri 3.2 adalah di sektor baterainya dengan kapasitas daya sangat besar yakni 4000 mAh. Baterainya itu lebih besar dari smartphone flagship (andalan) Nokia seperti Galaxy S10 Plus.

Nokia mengklaim ponsel ini menawarkan masa pakai baterai dua hari. Selain itu dilengkapi juga fitur untuk mengisi daya baterai agar cepat (fast charging) 10W.   

Untuk sektor keamanan ponsel, Nokia menggunakan dua model antara lain sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang disimpan di belakang bodi, dan biometrik face unlock.

Fitur lainnya, bagian audio bisa dikatakan layak karena menggunakan teknologi Qualcomm. Sedangkan untuk perangkat lunak, 3.2 dilengkapi dengan Android 9.0 (Pie) dan UI Android One. 

Di bagian bawah adalah port microUSB untuk pengisian daya, jack headphone 3,5 mm yang letaknya berada di atas. Sama seperti 4.2, seri 3.2 juga memiliki lampu notifikasi LED yang tertanam di tombol power, yang menyala ketika ponsel menerima notifikasi

Kunci Google Assistant untuk memulai perintah suara secara instan. Tombol daya berada tepat di seberang volume.

Spesifikasi Nokia 3.2

  •  Bodi: Desain unibody polikarbonat
  •  Layar: 6.26 “IPS LCD
  •  Kamera: Belakang 13 MP / Depan 5 MP
  •  Chipset: Qualcomm Snapdragon 429
  •  Memori: versi 2GB / 16GB & 3GB / 32GB
  •  Software: Android One (Android Pie)
  •  Baterai: 4.000 mAh

Untuk harga Nokia 3.2 diperkirakan akan dijual seharga Rp 1,9 jutaan untuk varian RAM 2GB / ROM 16 GB, dan RP 2,3 jutaan versi RAM 3 GB/ ROM 32 GB. (Adi/R5/HR-Online)