Nostalgia Malam Takbir, Warga Banjar Pasang Lentera di Sepanjang Jalan

Lentera di sepanjang jalan
Lentera yang dipasang di sepanjang jalan lingkungan Sinargalih, Desa Pananjung. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Sinargalih, Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar punya cara tersendiri untuk memeriahkan malam takbir Idul Fitri 1440 H. Selain menggemakan takbir di tempat ibadah, mereka juga menyalakan lentera di sepanjang jalan lingkungan.

Joni, salah satu penggagas, mengatakan, lentera yang dipasang di sepanjang jalan lingkungan tersebut merupakan salah satu bentuk kegembiraan warga sekitar untuk menyambut Idul Fitri. Tak hanya itu, melalui cahaya obor maupun lentera yang dinyalakan pada malam takbir guna mengingatkan masyarakat tempo dulu hal tersebut sering dilakukan, namun sekarang sudah mulai jarang.

“Berangkat dari rasa ingin nostalgia dan mengingatkan masyarakat untuk melestarikan tradisi dan budaya orang tua kita dulu, makanya saya bersama pemuda dan masyarakat di sini membuat seperti ini,” jelasnya kepada HR Online, Selasa (04/06/2019).

Joni menambahkan, zaman dulu ketika memasuki Idul Fitri di lingkungannya selalu dinyalakan obor di sepanjang jalan, bahkan penerangan jalan utama menggunakan obor.

“Sebelum listrik masuk, obor menjadi sumber cahaya utama untuk menerangi kegelapan, baik di jalan lingkungan, ataupun di depan rumah warga. Dengan mengenang memori masa lalu ini, diharapkan agar generasi muda bisa melestarikannya dan mengisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua RW 08 Dusun Sinargalih, Sugino, mengatakan, pemasangan lentera di sepanjang jalan tersebut menjadi salah satu tanda bentuk kepedulian warganya terhadap lingkungan, terutama dalam hal penerangan. Melalui obor yang sudah dilakukan oleh orang tua dulu, para pemuda di lingkungannya itu mencoba membuat terobosan baru dengan cara yang cukup ikonik dan terbilang langka di Kota Banjar.

“Semoga saja ini menjadi salah satu langkah maju pemuda dan masyarakat dalam menciptakan Dusun Sinargalih yang rapih, indah dan sejahtera. Apalagi di sini sebentar lagi ada pemilihan Kepala Dusun, otomatis di sini berlomba-lomba melaksanakan kegiatan yang positif dengan harapan ke depan akan terus berjalan,” imbuhnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...