Optimalkan PAD, Dishub Lakukan Pendataan dan Penataan Lahan Parkir di Ciamis

lahan parkir di Ciamis
Lahan parkir di depan Pasar Manis Ciamis. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Dalam rangka upaya optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor parkir, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis saat ini tengah melakukan pendataan dan penataan lahan parkir di Ciamis, tepatnya di daerah yang dinilai perekonomiannya mulai berkembang. 

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Drs Endang Sutrisna mengaku potensi PAD dari sektor parkir lumayan tinggi. 

“Tinggal penataan dan pemetaan saja, termasuk SDM juru parkir, kita akan persiapkan yang benar-benar bisa diandalkan dalam manajemen parkir,” ucapnya. 

Hanya memang, kata Endang, saat ini target parkir masih terbilang minim dari potensi yang ada. Target parkir di Ciamis tahun 2019 hanya Rp 500 juta lebih. 

“Ini karena Perbup tentang parkir masih memakai yang dulu, parkir motor saja masih Rp 500, mobil Rp 1000, makanya akan kita tinjau kembali dan usulkan ke Bupati agar dikaji dulu tentang perubahan Perbup parkir,” katanya. 

Jika retribusi parkir dinaikkan, lanjut Endang, tentu target PAD dari lahan parkir di Ciamis akan meningkat. 

“Memang sudah harus naik, karena nilai retribusi parkir sesuai Perbup lama itu sudah tidak sesuai dengan kondisi perekonomian saat ini, mudah-mudahan tahun depan sudah bisa diterapkan,” tandasnya. (Jujang/R7/HR-Online)

Loading...