Pasar Jadi Andalan PADes Desa Imbanagara Ciamis

Pasar Desa Imbanagara
Suasana di Pasar Desa Imbanagara, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Jujang/HR-Online

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Bumdesa Imbanagara, Kecamatan/Kabupaten Ciamis merupakan salah satu Bumdes yang mengelola Pasar Desa. Kini Pendapatan dari Pasar Desa tersebut jadi andalan PADes (Pendapatan Asli Desa) Desa Imbanagara, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Menurut Ketua Unit pengelola Pasar Bumdesa Imbanagara, Fitriyanti Rahmat, Bumdesa Imbanagara dibentuk tahun 2016. Sejak tahun 2018 Bumdes Imbanagara mengelola Pasar Desa Imbanagara yang lebih dulu dibangun oleh Pemerintah Desa. Pasar Desa Imbanagara, kata dia, memiliki 44 kios dan 27 lapak pedagang kaki lima (PKL). 

“Alhamdulillah setelah dikelola Bumdes selama satu tahun ada peningkatan terutama dalam pelayanan dan perawatan,” ujar Fitriyanti.

Perempuan yang biasa disapa Fitri ini, mengatakan dalam satu bulan retribusi Pasar Imbanagara bisa menghasilkan PADes rata-rata Rp 9 juta. “Tergantung yang bayar sewa kios, tapi rata-rata segituan,” ucapnya. 

Ke depan pihaknya ingin lebih meningkatkan sarana prasarana pasar Imbanagara, bahkan ingin menambah kios demi memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang berbelanja di pasar Imbanagara.

Selain mengelola pasar, Bumdesa Imbanagara juga bergerak di bidang usaha jasa angkut sampah. Bumdes Imbanagara memiliki satu unit torbil (motor mobil). 

Petugas pengangkut sampah Pasar Imbanagara. Foto: Jujang/HR

Kata dia, seminggu tiga kali, armada sampah mengangkut sampah di 13 rumah serta satu komplek Perumahan Green Garden.

“Biaya angkut hanya Rp 30 ribu satu rumah untuk satu bulan, untuk sekolah dan perumahan berbeda. Ya dalam satu bulan kita baru menghasilkan pendapatan rata-rata Rp 2.075.000,” tandasnya.(Jujang/R7/HR-Online) 

Loading...