Pasca Kebakaran Pasar di Ciamis, Pemda Akan Relokasi Pedagang

penyebab kebakaran pasar Ciamis
Kebakaran di Pasar Ciamis, Selasa (25/6/2019) malam. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Pasca musibah kebakaran yang melanda 10 kios di blok B pasar Ciamis, Selasa (25/6/2019) petang, Pemerintah Kabupaten Ciamis akan segera menyediakan tempat relokasi bagi pemilik kios.

Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana pada Bidang pengelolaan Pasar, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Ciamis, Apit Muhamad Taufik mengatakan, sesuai intruksi Bupati Ciamis, pemilik kios yang notabene pedagang pakaian harus segera direlokasi.

Pasalnya, dari 10 kios yang terbakar, 8 diantaranya rusak parah dan harus dibangun ulang. Sedangkan dua lainya hanya rusak bagian atap saja.

“Makanya akan kita relokasi dengan dibuatkan tempat jualan sementara di lokasi parkir depan kantor UPTD Pasar Ciamis atau tepatnya depan apotek Mekarson,” kata Apit M Taufik yang kini merangkap sebagai Plt Kepala UPTD Pasar Ciamis itu.

Pemda Ciamis, lanjut Apit, hanya akan membangun 4 tempat jualan sementara, karena dari 10 kios yang terbakar itu ternyata hanya dimiliki 4 orang.

“Sesegera mungkin dalam minggu-minggu ini tempat relokasi akan dibangun, agar para pemilik kios bisa berjualan,” ujarnya.

Kondisi pasar yang terbakar rusak parah, sehingga harus dibangun ulang. Karena itu, kata Apit, Pemda Ciamis rencananya akan melakukan rehab total pasar yang terbakar lewat anggaran perubahan tahun 2019.

“Kalau waktu pembangunan di 2019 tidak terkejar, ya paling kita anggarkan di anggaran murni 2020 nanti,” ucapnya seraya menyatakan pemilik kios agar bersabar dengan musibah kebakaran pasar di Ciamis dan menunggu hingga kios selesai diperbaiki.

Pada pemberitaan sebelumnya, Herdiat Sunarya meninjau lokasi kebakaran di Blok B Pasar Ciamis, Selasa (26/5/2019).

Herdiat berjanji akan secepatnya melakukan perbaikan, agar kegiatan di Pasar Ciamis dapat kembali berjalan seperti biasa dan perekonomian warga pun kembali normal.

Baca Juga:Bupati Herdiat Sebut Butuh 10 Armada Pemadam Kebakaran di Ciamis

“Secepatnya ini akan ditindaklanjuti, tapi sementara karena masih ditutup garis polisi, kita menunggu hasil investigasi dari pihak kepolisian, kalau sudah selesai, maka langkah pertama yang akan dilakukan adalah membersihkan puing-puing,” ujar Bupati Herdiat.(Jujang/R7/HR-Online)