Bukan Dibatasi Pemerintah, Ini Penyebab Instagram Down Jum’at Pagi

penyebab Instagram Down
Penyebab Instagram Down pada Jum'at pagi, (14/6/2019), bukan karena dibatasi Pemerintah. Foto: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),– Instagram down kembali pada Jum’at (14/6/2019) pagi. Jika Anda menduga karena dibatasi oleh pemerintah maka bukan itu penyebab Instagram down kali ini.

Sebelumnya beredar isu yang mengemuka di sejumlah media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Isu tersebut menyebutkan pemerintah akan membatasi kembali penggunaan media sosial.

Namun, ketika Jum’at pagi Instagram down, ternyata hal ini tidak terjadi hanya di Indonesia, namun juga terjadi di seluruh dunia. Sejumlah pengguna dari Amerika dan Eropa juga mengeluhkan gangguan karena tidak bisa mengakses Instagram.

Baca Juga: WhatsApp, Facebook, Instagram Down di Seluruh Dunia

Hal ini terlihat dari trending topic Twitter. Banyak pengguna Twitter yang mencuit tagar #InstagramDown. Fenomena ini sudah seringkali terjadi. Ketika Instagram mengalami gangguan, penggunanya berbondong-bondong ‘hijrah’ ke Twitter.

Dari pantauan HR Online, Instagram down mulai pukul 04.45 WIB. Hal ini bukan pertama kalinya instagram tumbang selama satu tahun ini. Paling dekat adalah pada April 2019 lalu, instagram juga sempat down, bahkan saat itu bukan hanya Instagram, namun juga WhatsApp dan juga Facebook.

Akibat Instagram tumbang, pengguna tidak bisa membuka timeline instagram mereka. Saat HR Online membuka Instagram pun pada Jum’at pagi (14/6/2019) sekitar pukul 06.00 WIB, yang ada hanya keterangan ‘Couldn’t refresh feed’.

Karena gangguan tersebut, pengguna tidak bisa mengupload foto maupun video. Bahkan pengguna juga tidak bisa mengecek notifikasi ataupun aktivitas terbaru dari akun-akun yang mereka follow di Instagram.

Penyebab Instagram Down

Santer terdengar penyebab instagram down yang kerap terjadi selama setahun ini adalah karena adanya rencana penggabungan tiga platform pesan yang dimiliki Facebook, yakni Messenger Facebook, WhatsApp, dan Direct Message Instagram. Namun, hal ini belum dikonfirmasi oleh pihak Instagram.

Penyebab Instagram down sebenarnya masih jadi misteri. Namun, pihak Instagram menyadari adanya gangguan yang menimpa platform Media Sosial mereka tersebut. Pihak Instagram bahkan mengaku terus memperbaiki masalah tersebut secepatnya.

Melalui laman akun Twitter resmi Instagram, sebuah cuitan ditulis untuk mengonfirmasi adanya gangguan, namun tanpa disebut penyebab Instagram down.

“Kami sadar beberapa orang mengalami masalah mengakses akun Instagram mereka. Kami sedang memperbaiki masalah ini secepatnya,” terang Instagram sebagaimana dikutip dari cuitan di Twitter resminya.

Sampai saat berita ini ditayangkan, Instagram sudah normal kembali dan bisa diakses seperti biasanya. Kita tunggu saja perbaikan yang dilakukan pihak Instagram agar tidak ada lagi penyebab Instagram Down. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...
Loading...