Penyesuaian Tarif PDAM Tirta Galuh Ciamis Berlaku per 1 Juli 2019

Logo PDAM Tirta Galuh Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Penyesuaian tarif PDAM Tirta Galuh Ciamis yang sudah setahun lalu diwacanakan akan mulai diberlakukan per tanggal 1 Juli 2019 mendatang. Namun, kenaikan tarif yang diberlakukan memakai sistem kelompok atau tidak semua pelanggan disamaratakan.

Kepala Bidang Hubungan Langganan dan Pelayanan PDAM Tirta Galuh Ciamis Dadan Firdaus, mengatakan, dalam rangka menjaga dan upaya peningkatan layanan, maka pihaknya akan melakukan penyesuaian tarif air minum kepada pelanggan.

“Kenaikan tarif ini dilakukan sehubungan dengan adanya peningkatan beban operasional dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, seperti kenaikan biaya energi (listrik, BBM) serta diperlukannya biaya investasi guna optimalisasi maupun pengembangan pelayanan di wilayah pelayanan PDAM Ciamis,” ujar Dadan, kepada HR Online, Jumat (28/6/2019).

Dadan menambahkan, penyesuaian tarif tersebut berdasar pada Surat Keputusan Bupati Nomor: 690/Kpts.223-Huk/2019 tentang Penetapan Tarif Air Bersih/Minum PDAM Tirta Galuh Ciamis tanggal 10 Mei 2019.

“Pemberlakuan tarif baru mulai dilakukan untuk pemakaian air mulai bulan Juli yang dibayar pada bulan Agustus dan seterusnya,” ujar Dadan.

Dadan menjelaskan, pelaksanaan penyesuaian tarif air minum tersebut pun sudah mengacu kepada ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan dalam peraturan-peraturan perundang-undangan.

Antara lain Peraturan Pemerintah Nomor 122 Tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 Tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum, Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2008, tentang Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ciamis sebagaimana telah diubah dengan Perusahaan Daerah Nomor 10 Tahun 2015 tentang perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2008, tentang Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ciamis.

“Kenaikan tarif air minum ini memang sudah diwacanakan sejak tahun lalu, namun baru dilaksanakan tahun 2019 ini,” ungkapnya.

Menurut Dadan, kenaikan tarif PDAM Tirta Galuh sekitar 20 persen dari sebelumnya. Dia menyebut untuk struktur tarif yang akan diberlakukan kepada pelanggan blok konsumsi yakni pemakaian air sampai dengan 10 m3 (beban tetap). Sementara tarif per m3 untuk pemakaian air lebih dari 10 m3.

Struktur tarif PDAM Tirta Galuh Ciamis yang akan diberlakukan per 1 Juli 2019

(Jujang/R2/HR-Online)