Piamari Aquarium Pangandaran Berpotensi Menarik Wisatawan

Piamari Aquarium Pangandaran
Lokasi pembangunan Piamari Aquarium dan Politeknik KP di blok Bulak Setra Desa Babakan kawasan Pelabuhan Cikidang Kabupaten Pangandaran. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Bupati Jeje Wiradinata melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan Piamari Aquarium Pangandaran dan Politeknik KP di blok Bulak Setra Desa Babakan kawasan Pelabuhan Cikidang Kabupaten Pangandaran yang rencananya Agustus nanti diresmikan oleh Menteri ataupun oleh Presiden RI, Selasa (18/06/2019).

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, dirinya baru melakukan kunjungan kembali ke Poltek KP dan Piamari milik Kementrian Kelautan dan Perikanan yang rencananya akan diresmikan. Ia berharap adanya Piamari ini tingkat kunjungan tambah ramai, karena fasilitas yang dapat menarik bagi wisatawan.

“Piamari Aquarium Pangandaran ini akan menjadi ikon, bukan hanya datang ke Pantai tapi bisa ke sini, bisa ke Citumang, ke Batukaras, Green Canyon dan lainnya. Saya yakin akan menambah tingkat kunjungan yang akan ke Pangandaran,” kata Jeje.

Dengan adanya Piamari ini, lanjut Jeje, juga sebagai riset mengetahui data secara ilmiah, data faktual mengenai gambaran kondisi perairan di Pangandaran, karang yang sudah rusak ataupun over fishing dan sebagainya.

“Ini sangat memudahkan para nelayan kita dan jelas arahnya dalam mencari dan menangkap ikan secara efisien. Nelayan juga akan tahu di mana jenis ikan tertentu berada dan dapat digambarkan, seperti ikan tuna di kedalaman berapa, nanti akan ketahuan titiknya dengan melihat film pada riset nanti,” jelas Jeje lagi.

Jeje menuturkan, selain Piamari juga ada Politeknik Kelautan dan Perikanan yang dosennya akademisi dan juga pelaku bidang penangkapan dan budidaya pengolahan ikan.  Nanti akan menjadi bagian untuk pelatihan kelompok masyarakat dalam hal penangkapan serta budidaya pengolahannya.

“Kita akan bekerjasama dengan Poltek KP dan Piamari Aquarium Pangandaran dari segi kajian ilmiahnya. Adanya Politeknik KP ini juga dapat membuka peluang masyarakat untuk kuliah di sini. Jelas ini upaya mendorong indeks sekolah perguruan tinggi di sini. Sekolah gratis dan asrama gratis. Jelas ini upaya untuk membangun daerah agar lebih hebat lagi,” pungkas Jeje. (Mad/Koran HR)