Rintis Sekolah Sehat, SDN 1 Sindangjaya Pangandaran Gandeng Komite

SDN 1 Sindangjaya
Penandatanganan Mou kerjasama Komite Sekolah dan Pihak SDN 1 Sindangjaya dalam program Sekolah Sehat, Senin (24/6/2019) lalu. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– SDN 1 Sindangjaya yang berlokasi di Dusun Hegarmanah, Desa Sindangjaya, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran memiliki dua program unggulan dalam rangka meningkatkan mutu dan kemajuan sekolah, diantaranya Sekolah Sehat yang mulai dirintis dengan menggandeng komite sekolah.

Rintisan Sekolah Sehat dilakukan dengan MOU kerjasama dengan Komite Sekolah ini merupakan bentuk sinergitas antara orang tua murid dan pihak sekolah. Selain Sekolah Sehat, SDN 1 Sindangjaya juga mencanangkan semangat ‘satu lomba satu juara’.

SDN 1 Sindangjaya sendiri memiliki Kepala Sekolah yang baru dan terbilang paling muda di Pangandaran. Junaedi, S.Pd kepala SDN 1 Sindangjaya tersebut dikenal karena memiliki segudang prestasi baik akademik maupun prestasi non akademik.

Kepala SDN 1 Sindangjaya Junaedi, S.Pd mengatakan, berdasarkan Ilmu pengetahuan yang ia peroleh selama berkiprah menjadi guru, dirinya mencoba menerapkan pola pendidikan hard skill berupa ilmu pengetahuan dan soft skill atau karakter perasaan.

“Dengan mencoba menerapkan program Sekolah Sehat yang juga didukung sepenuhnya oleh Komite, maka diharapkan bisa menjadi ajang pembelajaran siswa di sekolah tersebut,” jelas Junaedi saat diwawancara HR Online, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Junaedi menambahkan, selain menjadi ajang pembelajaran siswa, juga diharapkan orang tua siswa merasa dekat dan peduli terhadap sekolah, sehingga sinergitas dan komunikasi terjalin dengan baik.

“Saya juga mencoba menanamkan semangat kepada siswa-siswi untuk berupaya mengikuti lomba apapun. Hal ini untuk melatih siswa keberanian dengan semangat satu lomba satu juara untuk menumbuhkan karakter siswa-siswi di sekolah kita,” ungkap Junaedi.

Masih dikatakan Junaedi, karena basic pendidikan dan keahlian dirinya di bidang Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB) dan Pramuka, maka siswa-siswi di SDN 1 Sindangjaya terus dilatih, tujuannya agar menjadi kebiasaan terlebih dahulu. Harapan ke depannya mereka menyenangi kegiatan tersebut.

“Berupaya untuk menjadi kebiasaan terlebih dahulu dengan harapan siswa menyukai dan menjadi senang mengikuti LTUB dan Pramuka, mengikuti setiap ada event lomba baik tingkat desa maupun Kecamatan bahkan Kabupaten dengan harapan bisa menumbuhkan karakter,” pungkas Junaedi.

Sementara Ketua Komite SDN 1 Sindangjaya, Endang mengatakan, dirinya sangat mendukung setiap program sekolah untuk mendekatkan sekolah dengan orang tua siswa, diantaranya dengan membuat Sekolah Sehat.

“Yang mengelola Sekolah Sehat kami sebagai komite dibantu oleh guru-guru, apabila ada masukan dan saran, demi menjalin sinergitas sekolah dan orang tua siswa,” kata Endang. 

Lebih Lanjut Endang menambahkan, sebagai penyambung komunikasi dengan pihak sekolah dan orang tua siswa, pihaknya sangat mengapresiasi langkah dan program yang digagas kepala sekolah yang baru.

“Kami siap menjadi motor Sekolah Sehat demi meningkatkan kemajuan dan prestasi di SDN 1 Sindangjaya ini,” kata Endang.

Pada kesempatan tersebut, Endang mengakui adanya keterbatasan sarana prasarana, seperti tidak adanya benteng sekolah sehingga apabila musim penghujan tiba pasti banjir. Selain itu, ada juga lapangan yang belum dipavling blok.

“WC juga masih belum punya, kami dari Komite mendorong juga agar ada bantuan dari pemerintah,” pungkas Endang. (Madlani/R7/HR-Online)