Sampah di Sepanjang Jalan Obwis Pantai Batukaras Pangandaran Dikeluhkan Warga

Hampir setiap musim liburan tiba jalan sepanjang pintu masuk obyek wisata Pantai Batukaras menyisakan sampah yang berserakan. Foto: Madlani./HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),-Hampir setiap musim liburan tiba jalan sepanjang pintu masuk obyek wisata Pantai Batukaras Pangandaran, Jawa Barat, menyisakan sampah yang berserakan. Bahkan, sekitar 6 kilometer sampah berserakan. Kondisi itu pun dikeluhkan warga sekitar serta pengunjung.

Tokoh masyarakat Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Endang Sukara, mengatakan, kondisi sampah yang berserakan tersebut hampir sering terjadi saat musim libur tiba. Bahkan, sepanjang 6 kilometer sampah berserakan di sepanjang jalan.

“Saya tidak bosan-bosannya mengingatkan mereka agar tidak buang sampah sembarangan, tapi tetap saja begitu,” katanya kepada Koran HR, Selasa (11/06/2019).

Endang berharap, pemerintah untuk turut serta membantu mengingatkan wisatawan yang bandel tersebut dengan membuat baligho atau banner demi menjaga kebersihan lingkungan.

Masih menurut Endang Sukara, pihaknya bersama warga sekitar obyek wisata belum melakukan tindakan karena masih berharap kesadaran dari pengunjung dan kepedulian pihak pemerintah daerah untuk membantu mensosialisaaikan kebersihan disepanjang jalan Obyek wisata.

“Banyak sampah plastik bekas Aqua, Pop mie dan lain-lain yang mengganggu pemandangan. Bisa saja kita berbuat kasar kepada mereka yang berkunjung ke Batukaras, tetapi kita masih berharap timbul kesadaran sendiri dulu, dan berharap Pemda memasang spanduk atau baligho di sepanjang jalan untuk menjaga kebersihan lingkungan,” pungkas Endang Sukara. (Mad/Koran-HR)