Takbir Keliling dan Pawai Obor Ramaikan Malam Takbir di Banjar

Takbir Keliling dan abid
Takbir Keliling, abid dan pawai obor yang digelar di Rejasari. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Takbir keleliling yang diiringi oleh puluhan abid dan pawai obor mewarnai malam hari raya Idul Fitri di Kota Banjar, salah satunya di Desa Rejasari, Kecamatan Langensari yang diikuti oleh masyarakat yang merupakan gabungan dari beberapa jamaah masjid, Selasa (04/06/2019).

Pantauan HR Online, para peserta takbir keliling berangkan dari masjid masing-masing dan saling menjemput satu sama lain yang dilanjutkan berkeliling di sekitar lingkungan Desa Rejasari.

Muhammad Idris, Ketua Pelaksana, mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerjasama para jama’ah masjid yang ada di wilayah Langensari sebagai bentuk kegembiraan menyambut Idul Fitri 1440 H.

“Jamaah Masjid Al Edros ini di antaranya berasal dari 2 RT di Dusun Rancabulus, 1 RT di Dusun Bantardawa dan 1 RT di Dusun Sindanggalih. Alhamdulillah berkat kerjasama semuanya secara swadaya kegiatan tahunan ini berjalan dengan lancar,” jelas pria yang akrab dipanggil Kiai Idris tersebut kepada HR Online.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini kekompakan dan kerjasama para jama’ah terus terjaga sehingga mendatangkan keberkahan untuk semua, apalagi untuk memeriahkan hari kemenangan setelah sebulan penuh melaksanakan puasa ramadan.

Dalbo, salah satu jama’ah, mengatakan, dirinya sangat senang dan mengapresiasi kegiatan ini. Pasalnya, selain suasana malam takbir menjadi meriah, juga melestarikan tradisi yang sudah sejak lama dilaksanakan di Indonesia.

“Seperti malam takbir ada pawai obor seperti ini hanya ada di Indonesia, dan itu sudah berlangsung lama. Agar tetap lestari, sepantasnya kegiatan seperti ini dihidupkan lagi meski bahan utamanya, yakni minyak tanah mahal. Meski demikian, nyatanya sekarang ramai lagi di mana-mana,” jelasnya.

Berdasarkan informasi, takbir keliling juga digelar jamaah masjid lainnya yang ada di Langensari. Mereka bekeliling di wilayah Langensari menggunakan mobil. Sementara itu, sebagian di antaranya mereka ada yang berjalan kaki dan menggelar takbir di mushola dan masjid masing-masing. (Muhafid/R6/HR-Online)