Taman Surawisesa Kawali Ciamis Jadi Lokasi Berkumpul Pemudik

Sepanjang liburan lebaran tahun 2019, Taman Surawisesa Kawali juga jadi lokasi titik kumpul para pemudik dari luar kota. Foto : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),-Taman Surawisesa Kawali yang berada di Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat, tidak hanya sekedar menjadi lokasi bermain anak-anak. Sepanjang liburan lebaran tahun 2019, Taman Surawisesa Kawali juga jadi lokasi titik kumpul para pemudik dari luar kota.

H. Diman, warga Desa Kawali, Kabupaten Ciamis, ketika ditemui Koran HR, Selasa (11/06/2019), mengatakan, Taman Surawisesa tidak hanya digandrungi oleh para orang tua untuk mengasuh anak-anaknya.

Menurut dia, hal itu terlihat dari banyaknya pemudik dari luar kota yang sengaja menjadikan Taman Surawisesa Kawali sebagai titik kumpul. Para pemudik juga menjadikan taman tersebut sebagai lokasi swafoto.

Terhitung dari hari pertama liburan lebaran hingga saat ini, kata Diman, siang maupun malam hari, Taman Surawisesa selalu dipadati pengunjung, yang pada umumnya para pemudik dari luar kota.

Ihwan, pemudik asal Kota Garut, ketika dimintai tanggapan, Selasa (11/06/2019), mengungkapkan, setelah adanya taman Surawisesa di Kawali, setiap mudik lebaran, dapat dipastikan para pemudik dari luar kota menjadikan Taman Surawisesa sebagai titik kumpul.

Menurut Ihwan, satu sama lainnya saling memberikan informasi agar bisa berkumpul. Taman Surawisesa Kawali dijadikan sebagai titik kumpul, tidak lain agar satu sama yang lainnya bisa dengan mudah untuk saling bertemu.

Senada dengan itu, Dadang, pemudik asal Indramayu, mengatakan, meski berasal dari Kawali, setiap mudik lebaran selalu berkumpul dengan para pemudik lainnya dari luar kota lain.

Dipilihnya lokasi Taman Surawisesa Kawali sebagi tempat berkumpul, kata Dadang, selain mudah untuk lokasi saling bertemu, juga lokasinya bersih sehingga enak bisa ngobrol-ngobrol sambil swafoto.

Nena Marlina, pemudik lainnya, mengatakan, berkumpulnya para pemudik dari luar kota tidak semata-mata menjadikan taman Surawisesa sebagai lokasi swafoto. Akan tetapi dengan berkumpulnya di lokasi taman, para pemudik dari luar kota bisa berkumpul dengan teman-teman seangkatan jaman SMP maupun SMA.

“Dengan kata lain, berkumpulnya para pemudik merupakan ajang silaturahmi teman-teman di jaman sekolahan, sehingga jalinan silaturahmi sesama alumni semakin erat,” katanya. (dji/Koran-HR)