Libur Lebaran dan Sekolah, Target Retribusi Pangandaran Rp. 3 Miliar

target retribusi Pangandaran
Petugas di Tolgate masuk objek wisata Pantai Pangandaran sedang melayani tiket wisatawan. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Membludaknya pengunjung yang datang ke obyek wisata Pangandaran saat libur lebaran 2019 telah diprediksi oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Hal ini membuat Pemkab mempunyai target retribusi Pangandaran sebesar 3 Miliar Rupiah yang akan masuk sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk mencapai target tersebut, Pemkab Pangandaran mempercayakan kepada tim khusus retribusi yang telah dibentuk jauh hari sebelumnya.

Berdasarkan pantauan HR Online di lapangan, wisatawan dari berbagai daerah masih terus berdatangan. Para petugas di Tolgate disibukkan dengan tiket kendaraan yang masuk baik motor maupun mobil.

“Pemkab Pangandandaran menargetkan PAD sebesar 3 Miliar Rupiah saat musim liburan kali ini,” ujar Dadan, ketua Tim Retribusi kepada HR Online, Jum’at (7/6/2019).

Target tersebut, kata Dadan, dimulai dari H-3 Ramadan hingga tanggal 15 Juni 2019 mendatang saat tiba liburan anak sekolah.

“Angka 3 Miliar yang dicanangkan Pemkab berasal dari keseluruhan lokasi wisata yang dikelola oleh pihak Pemkab Pangandaran diantaranya obyek wisata Batu Karas, Green Canyon, Batu Hiu, Karapyak dan Pantai Pangandaran,” katanya.

Sementara untuk obyek obyek wisata lainnya di luar yang disebutkan, kata Dadan, obyek wisata yang dikelola oleh desa masing-masing. Dadan menyebutkan Santira, Jembatan Cinta, Goa Donan dan lokasi lainnya sebagai contoh.

“Jika keseluruhan obyek wisata dikelola oleh Pemkab Pangandaran tentunya target retribusi di Pangandaran tidak cuma 3 Milyar, namun bisa lebih dari 3 Miliar Rupiah,” pungkasnya.

Sementara pada pemberitaan sebelumnya tercatat 15.000 pemotor memasuki kawasan wisata Pantai Pangandaran pada Hari ke-3 libur lebaran 2019.

Pantauan HR Online di lapangan, petugas tiket di pintu masuk tolgate Pangandaran tampak sibuk melayani ribuan pengunjung yang mengantri mendapatkan tiket. Sementara itu, antrian di sekitar pintu masuk juga cukup panjang jika dibanding hari biasa.

Baca Juga: 15.000 Pemotor Banjiri Kawasan Wisata Pantai Pangandaran

Bukan hanya itu, banyaknya pengunjung kawasan wisata Pangandaran pada libur lebaran tahun 2019, arus lalu lintas di sepanjang jalur menuju daerah di ujung timur Jawa Barat ini pun mengalami peningkatan, jalur ke Kabupaten Pangandaran sempat mengalami kemacetan cukup panjang hingga 10 kilometer, Jum’at (07/06/2019).

Pantauan HR Online di lapangan, sejak Jum’at pagi volume kendaraan mengalami peningkatan cukup drastis, bahkan kendaraan yang berasal dari arah Ciamis dan Banjar mengalami macet di simpang tiga Kalipucang. Kemacetan tersebut lantaran banyaknya pengendara yang berasal dari Jawa Tengah dan bertemu di lokasi tersebut.(Entang/R7/HR-Online) 

KOMENTAR ANDA