Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita CiamisTekan Pengangguran, Pemdes di Ciamis Gelar Pelatihan Kerja

Tekan Pengangguran, Pemdes di Ciamis Gelar Pelatihan Kerja

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Dalam upaya mengurangi angka pengangguran, Pemerintah Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar berbagai pelatihan kerja kepada masyarakat belum lama ini. 

Pelatihan pertama yang diadakan Pemerintah Desa Sukajadi adalah pelatihan montir motor yang digelar selama 20 hari di Aula Desa Sukajadi. Selanjutnya digelar juga pelatihan budidaya ikan cuvis yang diprakarsai oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat. 

“Alhamdulillah karena saya pensiunan Dinas Tenaga Kerja sehingga masih punya koneksi di pemerintahan, lobi-lobi permohonan kegiatan pelatihan bisa terlaksana, ini demi masyarakat Sukajadi agar bisa bekerja dengan keterampilan,” ungkap Kades Sukajadi, Kecamatan Sadananya, H Emo Suherlan.

Bulan Juli nanti, lanjut H Emo, pihaknya akan kembali menggelar pelatihan keterampilan kerja, yakni menjahit.

“Menggelar pelatihan keterampilan kerja kepada masyarakat merupakan realisasi janji kampanye saya, saya ingin Sukajadi bebas dari pengangguran,” jelas H Emo.

Selain upaya pemberdayaan masyarakat, lanjut H Emo, pihaknya juga melakukan pembangunan fisik yakni pengaspalan jalan semi hotmix dengan anggaran yang bersumber dari Dana Desa tahap 1 senilai Rp 196.064.600.

“Jalan yang diaspal yakni jalan dari perbatasan Desa Werasari hingga lapang Sukajadi sepanjang 914 meter dengan lebar 2 meter, masih ada sisanya sekitar 1 kiloan kita lanjutnya di DD tahap berikutnya,” tandas H Emo. (Jujang/R7/HR-Online)