UEFA Nations League: Belanda Tantang Portugal di Final Hari Ini

UEFA Nations League. Foto : net/ist

Berita Olahraga (harapanrakyat.com),- UEFA Nations League atau turnamen sepakbola antar negara di Eropa saat ini sudah memasuki partai puncak. Di final yang akan digelar Minggu waktu setempat atau Senin (10/6/2019) pukul 01.45 WIB, akan bertemu Portugal melawan Belanda.

Sebagai tuan rumah tentu Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan sangat diuntungkan pada duel tersebut. Hal tersebut dikarenakan adanya motivasi dari pendukung suporternya yang akan memenuhi stadion Estadio Do Dragao, Porto, Portugal.

Meski begitu, Selecao das Quinas (julukan Portugal) tidak menganggap remeh De Oranye (Belanda). Pasalnya, pasukan Ronald Koeman saat ini dihuni pemain-pemain yang rata-rata usianya masih muda.

Sebelumnya di partai semifinal Jum’at (7/6/2019), Belanda sukses menghajar timnas Inggris dengan skor 3-1.

Pada duel tersebut, Inggris memimpin terlebih dulu lewat gol yang dilesakan oleh pemain Manchester United, Marcus Rashford, lewat titik putih di menit 32.

Namun, Belanda mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol yang diciptakan Matthijs de Ligt di menit ke-73. Dengan keadaan yang sama imbang, maka pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Di perpanjangan waktu, Belanda unggul lewat gol bunuh diri pemain Manchester City, Kyle Walker di menit ke 97 dan gol yang diciptakan oleh Quincy Promes menit 114.

Sedangkan tuan rumah Portugal lolos ke partai puncak UEFA Nations League, setelah di semifinal Kamis dini hari WIB (6/6/2019) mengandaskan Swiss dengan skor 3-1.

Tiga gol Portugal semuanya diciptakan oleh sang kapten Cristiano Ronaldo, sementara gol Swiss dibuat Ricardo Rodriguez lewat titip 12 pas.

Sebelum final antara Potugal vs Belanda, terlebih dulu digelar pertandingan yang memperebutkan juara 3, antara Swiss melawan Inggris, pada hari Minggu (9/6/2019) pukul 20.00 WIB.

Final nanti, Fernado Santos sebagai pelatih Selecao das Quinas kemungkinan besar akan menerapkan formasi 4-3-1-2.

Untuk penjaga gawang masih dipercayakan kepada Rui Patricio. Barisan belakang akan dipasang empat bek. Karena Pepe dikabarkan sedang cidera dan kemungkinan tidak bisa diturunkan, serta permainan Bruno Fernandes dan Joao Felix kurang meyakinkan maka akan diganti oleh Jose Fonte, Raphael Guerrero, NelsonSemedo serta RubenDias.

Pemain tengah akan dipercayakan playmaker Bernardo Silva, yang sangat rajin memberikan bola-bola enak ke Ronaldo ataupun Goncalo Guedes yang berada di bagian depan.

Sementara, Ronald Koeman kemungkinan besar akan memansa formasi idamannya yakni 4-3-3. Di lini belakang masih dipercayakan bek Liverpool Virgil van Dijk.

Di lini tengah kemungkinan akan memasang Giorginio Wijnaldum, Frenkie De Jong dan Marten De Roon. Tugas trio lini tengah ini akan menyuplay bola untuk Memphis Depay, Ryan Babel ataupun Bergwjin.

Berikut ini prediksi pemain Portugal melawan Belanda, yang HR Online rangkum dari bola.net.

Portugal (4-3-1-2): Patricio; Guerreiro, Dias, Fonte, Semedo; Carvalho, Neves, Moutinho; Silva; Ronaldo, Guedes

Belanda (4-3-3): Cillessen; Blind, De Ligt, van Dijk, Dumfries; De Roon, De Jong, Wijnaldum; Babel, Depay, Bergwijn

Sementara partai puncak UEFA Nations League bisa Anda saksikan via live streaming. Berikut ini link-nya:

Link 1

Link 2

Link 3

Link 4

Hadiah UEFA Nations League

Turnamen antar negara di benua biru ini adalah yang pertama kalinya digelar oleh UEFA sebagai badan sepakbola Eropa. Sekaligus, turnamen ini menjadi pemanasan menjelang digelarnya Euro 2020.

Sedangkan untuk pemenang UEFA Nations League berhak melaju ke putaran final Euro 2020, tanpa harus ikut pra kompetisi atau kualifikasi.

Sementara untuk pemenang UEFA Nations League akan memperoleh hadiah uang sebesar 10,5 juta euro (kurang lebih Rp 170 miliar). Untuk juara dua mendapatkan uang 9 juta euro, juara 3 hadiahnya delapan juta euro, kemudian juara 4 uang 7 juta euro. (Adi/R5/HR-Online)