Ulang Tahun Kabupaten Ciamis ke-377, Bupati Lakukan Tur Ziarah

ulang tahun kabupaten Ciamis
Rombongan Bupati Ciamis saat tur ziarah ke Makam Raden Panji Arya Nagara di Imbanagara, Senin (10/6/2019).

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Peringatan Ulang Tahun Kabupaten Ciamis ke-377, Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, bersama ketua DPRD dan unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) melakukan tur ziarah ke sejumlah makam leluhur. Makam pertama yang diziarahi adalah makam Bupati Ciamis pertama, Raden Panji Arya Nagara yang berada di Imbanagara, Ciamis, Senin (10/6/2019).

Dari pantauan HR Online di lapangan, rombongan mengunjungi beberapa makam para Bupati Ciamis terdahulu untuk melakukan pembacaan do’a dan tabur bunga (nyekar). 

Tur ziarah rombongan Bupati Ciamis dalam rangka memperingati ulang tahun Kabupaten Ciamis ke-377 berakhir di makam Adipati Singa Cala yang berada di kawasan situs Astana Gede Kawali. 

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya di sela sela kegiatan mengungkapkan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan menjelang Hari Jadi Ciamis.

“Kegiatan ini bisa disebut sebagai bentuk penghargaan kepada para pelaku sejarah terutama para Bupati yang sudah tiada. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh Pemkab Ciamis,” tuturnya. 

Herdiat menambahkan inti dari kegiatan tur ziarah yaitu mengenang para pendahulu yang sudah berjasa membangun Kabupaten Ciamis.

“Jangan sampai kita selaku penerus melupakan sejarah yang sudah mereka buat untuk Kabupaten Ciamis,” pungkasnya.

Sebelum Tur Ziarah, Bupati Ciamis Pimpin Apel Pertama Usai Lebaran

Sebelum Tur Ziarah, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya memimpin apel pagi pertama usai libur lebaran di halaman Pendopo Ciamis, Senin (10/6/2019).

Pada kesempatan tersebut Herdiat mengimbau agar para PNS di lingkungan Pemkab Ciamis semangat dalam bekerja. Terutama agar pelayanan kepada masyarakat berjalan secara maksimal.

“Jangan sampai di hari pertama kerja, justru ASN masih loyo,” katanya.

Baca Juga: PNS Ciamis Kesiangan di Hari Pertama Kerja

Herdiat juga berharap libur panjang lebaran membuat para PNS yang kembali masuk kerja bisa segar kembali dan punya motivasi lebih untuk bekerja melayani masyarakat Ciamis.

“Semoga dengan libur panjang kemarin, hari ini kita pertama kerja badan dan pikiran sudah fresh lagi, selain itu juga menambah motivasi dan semangat baru,” katanya. (Fahmi/R7/HR-Online)