Wisatawan Asal Tasik Nyaris Tewas Tenggelam di Pantai Pangandaran

tenggelam di Pantai
Faisal Riza (15), wisatawan asal Singaparna Tasikmalaya di Puskesmas Pangandaran setelah diselamatkan tim balawisata, saat nyaris tenggelam karena terseret arus ombak di Pantai Pangandaran, Jum'at (7/6/2019). Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Wisatawan asal Tasikmalaya nyaris tewas tenggelam di Pantai Pangandaran, Jum’at (7/6/2019). Faisal Riza (15), wisatawan tersebut diketahui berasal dari Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Faisal yang sedang memanfaatkan libur lebaran dengan berwisata ke pantai tersebut terserat arus ombak Pantai Barat Pangandaran.

“Korban ini terseret ombak akibat tidak mengindahkan imbauan dari petugas Balawisata dan terlalu berani berenang ke tengah laut,” ujar Wawan, salah satu petugas Balawisata Kabupaten Pangandaran yang bertugas di Pos Pemantauan Tiga dan Pos Empat.

Beruntung sejumlah pengawas pantai sigap dan dengan cepat menolong korban. “Alhamdulillah kami di sini petugas dapat segera menyelamatkan korban,” katanya.

Korban kemudian dilarikan ke Puskesmas Pangandaran guna mendapatkan perawatan dari tim medis. Sejumlah tim medis memang sudah dipersiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Kesehatan.

Wawan mengimbau para wisatawan yang sedang berlibur di pantai Pangandaran agar selalu berhati-hati.

“Salah satu caranya dengan mematuhi rambu-rambu yang ada di laut yang telah dipasang oleh petugas Balawsisata. Hal ini guna antisipasi agar tidak ada lagi yang tenggelam di Pantai Pangandaran,” katanya.

Wawan menambahkan, ribuan pengunjung yang membanjiri objek wisata Pantai Pangandaran terutama Pantai Barat membuat petugas Balawisata seperti dirinya harus ekstra kerja keras dalam memberi peringatan pada para wisatawan.

“Karena itu tidak ada salahnya apabila wisatawan menggunakan alat bantu renang seperti Bodyboard,” katanya.

Sementara itu pemberitaan sebelumnya tercatat 15.000 pemotor memasuki kawasan wisata Pantai Pangandaran pada Hari ke-3 libur lebaran 2019.

Pantauan HR Online di lapangan, petugas tiket di pintu masuk tolgate Pangandaran tampak sibuk melayani ribuan pengunjung yang mengantri mendapatkan tiket. Sementara itu, antrian di sekitar pintu masuk juga cukup panjang jika dibanding hari biasa.

Baca Juga: 15.000 Pemotor Banjiri Kawasan Wisata Pantai Pangandaran

Bukan hanya itu, banyaknya pengunjung kawasan wisata Pangandaran pada libur lebaran tahun 2019, arus lalu lintas di sepanjang jalur menuju daerah di ujung timur Jawa Barat ini pun mengalami peningkatan, jalur ke Pangandaran sempat mengalami kemacetan cukup panjang hingga 10 kilometer, Jum’at (07/06/2019).

Pantauan HR Online di lapangan, sejak Jum’at pagi volume kendaraan mengalami peningkatan cukup drastis, bahkan kendaraan yang berasal dari arah Ciamis dan Banjar mengalami macet di simpang tiga Kalipucang. Kemacetan tersebut lantaran banyaknya pengendara yang berasal dari Jawa Tengah dan bertemu di lokasi tersebut. (Entang/R7/HR-Online)