410 Calon Jemaah Haji Asal Pangandaran Diberangkatkan, Paling Tua Berumur 85 Tahun

Calon jemaah haji asal Pangandaran
Calon jemaah haji asal Pangandaran, saat diberangkatkan dari Bumi Perkemahan Lokabina, Jumat (19/07/2019) sore. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- 410 calon jemaah haji asal Pangandaran, Jawa Barat, yang akan beribadah haji ke tanah suci Mekkah, Arab Saudi, dilepas oleh Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata. Acara pelepasan digelar di Bumi Perkemahan Lokabina Pamugaran, Kecamatan Pangandaran, Jumat (19/07/2019) sore.

Dari data yang diperoleh KBIH Kabupaten Pangandaran, diketahui calon jemaah haji asal Pangandaran yang paling tua pada pemberangkatan tahun ini berusia 85 tahun atas nama Jukana dari Kecamatan Kalipucang. Sementara yang paling muda bernama Muhammad Fauzan Hidayat atau berusia 23 tahun dari Kecamatan Pangandaran.

Sebelum bertolak ke tanah suci, calon jemaah haji asal Pangandaran berangkat menuju Asrama haji Pondok Gede Bekasi. Mereka merupakan kelompok terbang (kloter) 45 yang akan diterbangkan dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Dari jumlah 410 calon jemaah haji, 222 orang diantaranya merupakan perempuan. Sedangkan sisanya atau 188 orang laki-laki. Dalam rombongan haji ini didampingi oleh 6 orang pembimbing.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, calon Jemaah Haji asal Pangandaran diberangkatkan dengan menggunakan 11 bus.”Biaya bus ditanggung oleh Pemkab Pangandaran. Selain itu, bus jemaah haji mendapat pengawalan dan didampingi tim medis dari Dinas Kesehatan,” katanya. 

Jeje menghimbau kepada para calon jemaah agar menjaga kesehatan, tidur secara teratur dan menjaga pola makan selama berada di tanah suci. Disamping itu, kata dia, antar jemaah haji asal Pangandaran harus saling membantu dan selalu jaga kekompakan.

“Kami dari warga Pangandaran yang berada di kampung halaman akan selalu mendoakan agar bapak dan ibu selama beribadah haji di tanah suci diberi kesehatan dan keselamatan hingga bisa kembali pulang ke tanah air. Kami juga mendoakan semoga menjadi haji mabrur,” ungkapnya.  

Sementara itu, menurut KBIH Pangandaran, calon jemaah haji asal Pangandaran akan terbang menggunakan pesawat Air Lines dari Bandara Halim Perdanakusuma pada hari Minggu (21/07/2019). Kemudian pesawat akan mendarat di bandara King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi. (Enceng/R2/HR-Online)

Loading...