65 Ribu Liter Air Bersih Didistribusikan BPBD Ciamis

Warga mendapatkan bantuan air bersih dari BPBD Kabupaten CIamis. Photo : Jujang/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Sekitar 65 ribu liter air bersih telah didistribusikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sejak dua pekan terakhir ini.

Pendistribusian air bersih dilakukan dalam upaya membantu masyarakat di sejumlah wilayah Kabupaten Ciamis, yang mengalami kesulitan mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari di musim kemarau saat ini.

“Kita salurkan bantuan air bersih ke sejumlah wilayah yang mengalami kekurangan air bersih, seperti di Kecamatan Pamarican, Kecamatan Ciamis dan Cijeungjing,” terang Kabid. Darlog. BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, kepada HR Online, saat menyalurkan air bersih kepada warga di Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis, Jum’at (18/07/2019).

Dalam satu hari, BPBD Ciamis telah menyalurkan air bersih sebanyak 15.000 liter ke tiga wilayah yang mengalami kekurangan air. Ketiga wilayah itu meliputi Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis, Desa Pamalayan dan Desa Majaprana, Kecamatan Cijeungjing.

Ani juga menyebutkan, ada 12 kecamatan di Ciamis yang diperkirakan rawan kekurangan air bersih, yaitu Kecamatan Ciamis, Pamarican, Baregbeg, Cijeungjing, Banjaranyar, Cisaga, Cikoneng, Banjarsari, Cidolog, Cipaku, Rajadesa dan Kecamatan Purwadadi.

“Saat ini BPBD Ciamis mulai menerima laporan adanya kekeringan dan permohonan bantuan air bersih, kita bantu secara bergiliran,” ucapnya.

Menurutnya, warga yang kekurangan air bersih diperkirakan berada di 69 titik yang tersebar di 27 desa dan 3 kelurahan. Umumnya daerah yang kekeringan dan yang mengalami kekurangan air bersih di Ciamis merupakan daerah dataran tinggi.

Ani mengaku, pihaknya pun sudah menyiapkan 3 tangki air bersih yang terdiri dari 2 tangki dari PDAM dan 1 tangki milik BPBD. Ketiga tangki tersebut untuk disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

“Bagi masyarakat yang memang sudah mengalami kesulitan air, bisa langsung memberikan laporan ke desa, lalu diteruskan ke BPBD untuk kemudian akan ditindaklanjuti pengiriman air bersih,” jelas Ani.

Sementara itu, Kepala Dusun Cisadap, Dedi Supardi, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, dalam hal ini BPBD Kabupaten Ciamis atas bantuan air bersih bagi warganya yang kesulitan air.

“Terima kasih, dan saya harap bantuan air bersih ini bisa berlanjut. Kalau dulu biasanya dikirim minimal tiga kali dalam seminggu,” ucap Dedi. (Jujang/R3/HR-Online)

Loading...